Kemarau, Warga Kesulitan Air Bersih, Ini Daftar Daerah Di Bengkulu Selatan yang Krisis Air Bersih

Kemarau, Warga Kesulitan Air Bersih, Ini Daftar Daerah Di Bengkulu Selatan yang Krisis Air Bersih

AIR BERSIH : Pemerintah salurkan bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kemarau-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Musim kemarau yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia mulai menimbulkan dampak buruk bagi maysrakat.

Termasuk masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu yang mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

Warga terpaksa memanfaatkan sungai sebagai sumber air untuk mandi dan kebutuhan sehari hari.

 

Tercatat di Bengkulu Selatan ada enam kecamatan yang warganya mengeluhkan kekurangan air bersih, karena sumur sudah kering.

Kecamatan Pino Raya meliputi Desa Talang Padang, Bandung Ayu, Tunggal 1 , Tungkal 2, Air Kemang dan Kemang Manis.

Kemudian, Kecamatan Manna meliputi Desa Tambang, Padang Pandan, Padang Gilang, Jeranglah, Kota Padang dan sekitarnya.

Kecamatan Bunga Mas yakni warga Desa Padang Nibung. Kemudian di Kecamatan Pino meliputi Desa Padang Lebar, Kelurangan Masat dan Ulak Lebar.

Kecamatan Kedurang meliputi Desa Durian Sebatang, Desa Nanti Agung dan Rantau Sialang.

Sedangkan di Kecamatan Kota Manna wilayah yang kekurangan air bersih yakni Desa Gelumbang, Padang Berangin, Tebat Kubu dan Kelurahan Gunung Ayu.

Menyikapi krisis air bersih yang dialami warga, Bupati Gusnan Mulyadi menginstruksikan Tim Reaksi Cepat (TRC) Cinta BS melakukan pendistribusian air bersih ke wilayah-wilayah kekurangan air bersih tersebut.

Pemkab BS bersama TRC Cinta BS bersinergi dengan BPBD dan PDAM Tirta Manna untuk menyalurkan air bersih kepada warga yang membutuhkan.

“Tim sudah menyiapkan mobil pengangkut air bersih di enam kecamatan tersebut. Air kami salurkan secara gratis, warga cukup menyiapkan tempat penampungan, saat tim datang di titik tersebut langsung dibagikan,” kata disway.id/listtag/982/bupati">Bupati.

Diakui Gusnan, walaupun penyaluran bantuan air bersih ini belum maksimal. Namun Pemkab BS tetap akan terus berupaya menyalurkan bantuan air bersih dengan warga yang mengalami krisis air.

Untuk itu, dirinya berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi warga di daerah yang sudah mengalami krisis air bersih tersebut.

Sumber: bupati bengkulu selatan