3 Beasiswa untuk Mahasiswa yang Didanai Pemerintah

3 Beasiswa untuk Mahasiswa yang Didanai Pemerintah

3 Beasiswa untuk Mahasiswa yang Didanai Pemerintah -istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Dalam era perkembangan pendidikan yang pesat, generasi muda harus terus melangkah maju untuk mengembangkan pola pikir mereka.

Di sisi lain, banyak yang menghadapi kendala ekonomi dalam melanjutkan pendidikan mereka.

Untungnya, di Indonesia terdapat banyak beasiswa yang dapat diikuti, tetapi persiapkan diri Anda dengan baik sebelum mengajukan permohonan.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Serahkan Beasiswa Kepada Ketua OSIS, Ingat! Jalankan Kewajiban

Berikut adalah daftar 3 beasiswa berserta tips yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Beasiswa Santri

Menurut informasi dari kemenag.go.id, pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) telah dibuka. Program ini menawarkan 1.000 kuota beasiswa untuk santri yang akan melanjutkan studi S1 atau S2.

Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs web beasiswa.kemenag.go.id.

BACA JUGA:Cek! Beasiswa PIP Kemdikbud 2023 Rp 1 Juta Masuk Rekening Lagi, Periksa Nama Anda di Sini

Persyaratan umum termasuk status santri WNI yang berasal dari Pondok Pesantren yang terdaftar di Kementerian Agama dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) dan melakukan pemutakhiran data pada EMIS Ditjen Pendidikan Islam.

Selain itu, santri harus tinggal di pesantren selama minimal 3 tahun berturut-turut, memiliki surat rekomendasi dari pimpinan pesantren, menguasai bahasa Arab, serta mampu membaca dan memahami kitab kuning.

Alangkah baik, prang tua sebaiknya memilih pondok pesantren yang memiliki NSP, dan anak harus aktif di pesantren agar dapat menguasai bahasa Arab dan memahami kitab kuning. Ini akan membantu ketika mengikuti program PBSB.

BACA JUGA:Bukan 9 Oktober! Pendaftaran PPPK untuk 3 Kelompok Pelamar Ini Ditutup 29 September 2023

2. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa/mahasiswi berprestasi yang sedang menempuh pendidikan S1 di semua jurusan di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta.

Persyaratan umum termasuk status mahasiswa/i S1 yang telah menyelesaikan minimal semester 2, IPK minimal (PTN: 3,00 dan PTS: 3,4), tidak sedang menerima beasiswa lain, aktif dalam organisasi, pendaftaran melalui aplikasi online, seleksi oleh tim seleksi BCA Finance, dan keputusan hasil seleksi bersifat mutlak.

mahasiswa hanya perlu menjaga nilai IPK dan tetap aktif berorganisasi.

BACA JUGA:Simak! Ini Lima Beasiswa yang Biasa Dimanfaatkan Siswa SMA di Bengkulu Tahun 2023, Berikut Strategi Mendapatka

3. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan untuk kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau kurang mampu yang ingin melanjutkan studi jenjang pendidikan magister.

Persyaratan umum termasuk Warga Negara Indonesia, telah menyelesaikan studi S1/D4, tidak sedang mengejar gelar S2, tidak sedang mendaftar atau menerima beasiswa dari sumber lain, menyertakan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan program, memilih perguruan tinggi sesuai ketentuan LPDP, memenuhi persyaratan IPK dan bahasa yang berlaku untuk masing-masing program beasiswa. Beasiswa ini hanya berlaku untuk kelas reguler.

BACA JUGA:Buruan Daftar, 5 Hari Lagi Pendaftaran Beasiswa Cendikia BAZNAS Ditutup, Ini Syarat dan Ketentuan Pendaftaran

Tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris karena syarat minimal untuk program perguruan tinggi dalam negeri adalah TOEFL ITP 400, TOEFL IBT 33, PTE Academic 30, IELTS 4.5, Duolingo English Test 65, TOEP 36, atau setara 400.

Dengan mempersiapkan diri secara baik, Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan beasiswa yang Anda inginkan. Semoga berhasil dalam perjalanan pendidikan Anda! (red)

Sumber: