Kepala SMP 12 Kaur Ngaku Diperas Oknum Wartawan, Ketua PWI: Lapor Polisi!

Kepala SMP 12 Kaur Ngaku Diperas Oknum Wartawan, Ketua PWI: Lapor Polisi!

Ketua PWI Kaur, Isnaini menanggapi pengakuan Kepala SMPN 12 Kaur yang mengaku diperas oknum wartawan-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Pengakuan Kepala SMPN 12 KAUR, Bengkulu, Desi Pramawati, S.Pd, yang tayang di dua media online, membuat kuping para wartawan di Kabupaten KAUR panas.

Desi mengaku diperas oknum wartawan. Ia pun terpaksa mengirimkan sejumlah uang.

Pernyataan Desi ini pun mematik reaksi para awak media di Kaur. Ketua PWI Kaur, Isnaini menyikapi serius pernyataan Desi.

BACA JUGA:Polres Kaur Tetapkan Oknum Wartawan Online dan ASN Tersangka Pemerasan

Ia meminta sang Kepsek segera melaporkan hal itu ke aparat penegak hukum. Sebab, pengakuan Desi dianggap bisa mencoreng nama baik para kuli tinta di Kabupaten Kaur.

"PWI Kaur sebagai satu-satunya organisasi profesi wartawan. Jadi, kami meminta kepala sekolah untuk melaporkan ke penegak hukum. Jangan hanya bicara di media. Justru hal ini bisa menimbulkan fitnah," tegas Isnaini.

Terkait persoalan itu, PWI Kaur Rabu 11 Oktober 2023 sudah melayangkan surat peringatan Kepada SMPN 12 Kaur yang berada di Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung.

BACA JUGA:Korban Oknum Wartawan dan ASN Kaur Dijadikan 'Mesin ATM', Minta Rp 15 Juta, 4 Kali Transfer

PWI Kaur memberikan waktu hingga 5 hari untuk melaporkan kejadian itu APH. Jika tidak, justru PWI Kaur akan menempuh jalur hukum, melaporkan Desi Pramawati ke Polisi dengan sangkaan pencemaran nama baik wartawan.

"Jadi kita tunggu saja, bila tak berani melapor, maka kami dari organisasi profesi wartawan yang konstituen dari Dewan Pers akan melapor," ujar Isnaini.

Sekretaris PWI Kaur Julianto, S.I.Kom menilai, pernyatan Desi yang tidak disertai bukti pastinya bisa merusak nama baik wartawan. 

BACA JUGA:Korban 2 Oknum Wartawan Online dan ASN Kaur Berprofesi Kontraktor, Segini Nilai Proyeknya

Jika pun hal itu benar-benar terjadi, hal itu merupakan ulah oknum yang bersembunyi dibalik label wartawan. 

"Harus jelas jangan sampai malah terjadi fitnah, bila memang hal ini terjadi silakan laporkan tidak perlu berkoar-koar," tegas wartawan dari surat kabar harian Radar Selatan.

Sementara itu Seksi Hubungan Antar Lembaga PWI Kaur, Sirajudin juga mengingatkan kepada Kepala SMPN 12 Kaur untuk segera melapor ke polisi.

Bila sampai waktu yang ditentukan yang bersangkutan tak kunjung melapor ke APH, justru PWI Kaur akan menurunkan tim advokasi untuk melaporkan Desi Pramawati ke polisi.

Sumber: