Ada Manusia Mengaku Melihat Jin, Percaya? Ini Penjelasan Buya Yahya dan Ustadz Adi Hidayat

Ada Manusia Mengaku Melihat Jin, Percaya? Ini Penjelasan Buya Yahya dan Ustadz Adi Hidayat

Ilustrasi jin-tangkapan layar yotube mabaredukasi47-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Tayangan adanya manusia yang mengaku bisa melihat jin ataupun mahluk gaib berseliweran di media sosial salah satunya.

Uniknya, tontotan ini memiliki daya tarik sendiri. Ada yang percaya, banyak pula yang tidak percaya.

Padahal diketahui, jin merupakan salah satu mahluk ghaib ciptaan Allah SWT seperti manusia di muka bumi.

BACA JUGA:Imam Ahmad bin Hanbal Didatangi 2 Setan Saat Sakaratul Maut, Begini Wujud dan Cara Menghindarinya

Jumlah jin lebih banyak lebih dari manusia. Iblis, adalah satu golongan jin. Di alam jin, ada jin muslim, jin fasik, dan jin kafir.

Pertanyaannya apakah bisa manusia melihat jin? Dilansir kanal Youtube Ibadah TV, Buya Yahya menjelaskan jika jin berada di alam ghaib, berbeda dengan manusia yang hidup di alam nyata.

"Kalau melihat jin, itu kan alam gaib. Orang (yang ngaku melihat jin) begitu setengah ghaib. Jin bukan alam kita," ujar Buya Yahya.

Kecuali saat jin menjelma jadi manusia. Namun sekali kali, Buya Yahya mengatakan, orang yang mengaku melihat jin perlu dipertanyakan. Karena alamnya berbeda.

BACA JUGA:Hewan Kecil Ini Pertanda Ada Jin di Rumah, Ustadz Adi Hidayat: Segera Singkirkan

"Saya mengikut saja kaidah imam dhohir. Kata Imam Ibnu Hajar Al Haitami, kalau ada orang yang mengatakan aku melihat jin atau setan, maka kesaksiannya tidak diterima. Kalau ini dibuka, banyak orang bohong melihat jin nanti," jelas Buya Yahya.

Bagaimana pendapat Ustadz Adi Hidayat, dilansir akun Tiktok Istiqomah, menurut pria yang disapa UAH ini juga menyebut jika jin merupakan mahluk gaib dan tidak nampak atau tidak terlihat.

Kata UAH, lawan dari jin adalah ins yaitu nampak atau bisa terlihat. Sebab itulah, jin itu fitrahnya tidak nampak.

BACA JUGA:Shalat Rajin Tapi Maksiat Jalan Terus, Ini Kata Gus Baha

"Nggak ada yang bisa lihat jin. Kalau ada yang mengatakan bisa melihat jin, hanya jin yang mampu melihat jin," tegas Ustadz Adi Hidayat.

Menurut UAH, jika ada manusia mampu melihat jin, maka dirinya sedang kemasukan jin.

"Maka sifat jin itu tidak bisa dilihat oleh manusia atau tersembunyi. Kalau ada jin melakukan penampakan, itu artinya jin sedang punya masalah. Karena keluar dari fitrahnya sebagai jin," tegas UAH. (red)

Sumber: