Naudzubillah! Tiga Hal Ini Membuat Kita Tidak Akan Masuk Surga

 Naudzubillah! Tiga Hal Ini Membuat Kita Tidak Akan Masuk Surga

Naudzubillah! Tiga Hal Ini Membuat Kita Tidak Akan Masuk Surga -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Setiap manusia pasti mengingingkan dirinya mudah untuk menuju surganya Allah SWT dengan melakukan sebanyak mungkin amalan kebaikan selama hidup.

Hanya saja tidak semua manusia bisa masuk bahkan merasakan nikmatnya surga. Sebab beberapa perilaku yang akan makin menjauhkan diri kita dari surga.

Melansir Kitab An-Nar Ahwaluha wa 'Adzabuha karya Mahir Ahmad Ash-Shufiy sebagaimana diterjemahkan Badruddin dkk, 3 orang yang diharamkan masuk surga adalah pecandu minuman keras, orang yang durhaka kepada orang tua, dan mucikari yang membiarkan kekejian pada keluarganya.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Program KB Seperti Ini Ternyata Hukumnya Haram dalam Islam

Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang berasal dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Ada tiga orang yang Allah haramkan untuk masuk surga, yaitu pecandu minuman keras, orang yang berbuat durhaka (kepada orang tua), dan mucikari yang membiarkan kekejian terjadi pada keluarganya." (HR Ahmad).

Dalam riwayat lain disebutkan, salah satu dari 3 orang yang tidak akan masuk surga adalah orang yang suka menyebut-nyebut pemberiannya. Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Allah tidak akan memandang tiga orang pada hari kiamat, yaitu pecandu minuman keras, orang yang berbuat durhaka (kepada orang tua), perempuan yang berpenampilan menyerupai laki-laki, dan mucikari.

BACA JUGA:STOP Bicara Saat Wudhu, Ini Kerugiannya Menurut Ustadz Adi Hidayat

Dan ada tiga orang yang tidak akan masuk surga, yaitu orang yang berbuat durhaka kepada kedua orang tuanya, pecandu minuman keras, dan orang yang sangat berharap dari apa yang diberikannya." (HR Ahmad, an-Nasa'i, dan Hakim).

Redaksi lain juga menyebut, "Tidak akan masuk surga orang yang suka menyebut-nyebut pemberian, yang durhaka kepada orang tua, dan pecandu khamar." (HR Ahmad, an-Nasa'i, dan ad-Darimi).

Dalam Kitabul-Aadab hasil karya Fuad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub dan diterjemahkan oleh Azhar Khalid Seff dan Muh. Hidayat dikatakan, hadits yang menyebut 3 orang yang tidak akan masuk surga tersebut shahih menurut Al-Albani.

Sementara itu, dalam hadits yang diterbitkan Imam Muslim, ada 3 golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah SWT kelak pada hari kiamat. Mereka juga tidak disucikan Allah SWT dan tidak dilihat Allah SWT serta mendapatkan azab yang teramat pedih.

BACA JUGA:Amalan Ringan yang Bisa Menghapus Dosa Satu Keluarga dan Ketenangan

Orang yang dimaksud dalam hal ini adalah orang tua bangka yang berzina, pengusaha yang dusta, dan orang miskin yang sombong.

Hadits ini juga dikeluarkan oleh an-Nasa'i.

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ ابْنِ عَجْلَانَ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمْ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الشَّيْخُ الزَّانِي وَالْعَائِلُ الْمَزْهُوُّ وَالْإِمَامُ الْكَذَّابُ

Artinya: "Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna dia berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Ibnu 'Ajlan dia berkata, Aku mendengar bapakku bercerita dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda, 'Tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat: seorang yang sudah tua berzina, orang miskin namun sombong, dan pemimpin yang pendusta.'" (HR an-Nasa'i). (red)

Sumber: