Polemik Pilkades Suban, Cakades No 1 Minta Pelantikan Kades Tetap Ditunda

Polemik Pilkades Suban, Cakades No 1 Minta Pelantikan Kades Tetap Ditunda

Polemik Pilkades Suban, Cakades No 1 Minta Pelantikan Kades Tetap Ditunda-istimewa-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Meski Calon Kepala Desa (cakades) nomor urut 2 pada Pilkades Suban Kecamatan Semidang Alas (SA), SELUMA, Bengkulu, Neri Nurhayati mendesak Pemkab SELUMA melantik dirinya sebagai Kades Suban, namun cakades nomor urut 1, Bani Asri tetap meminta pelantikan Neri ditunda.

Sebab menurut kubu Bani, hasil pilkades masih dalam proses hukum hingga menunggu putusan PTUN.

Penasihat Hukum (PH) Bani Asri, Thaariq Alfathan mengatakan gugatan ke PTUN terkait adanya dugaan kecurangan pada Pilkades Suban masih berjalan.

BACA JUGA:Sengketa Pilkades Suban Bergulir Ke PTUN, Keputusan Panitia Pilkades Digugat, Pelantikan Kades Suban Ditunda

“Bahkan Kamis ini sidang lagi dengan agenda pemeriksaan saksi. Kami tetap berpegang teguh seperti yang disampaikan oleh Pemkab Seluma.

Jika ada gugatan PTUN soal pilkades, maka pelantikan kades terpilih ditunda sampai adanya putusan," tegas Thaariq.

Sebelumnya Bani Asri sudah menyampaikan keberatan soal Pilkades Suban. Keberatan itu telah disampaikan ke Dinas PMD Seluma maupun Sekda Seluma.

"Jadi yang kami pegang adalah pernyataan dan penyampaian dari DPMD serta Sekda Seluma bahwa pelantikan kades terpilih ditunda sampai ada putusan PTUN," sambung Thaariq.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pilkades di Seluma, Kades Lubuk Gilang Tumbang, Desa Suban Draw

Seperti diketahui, kedua cakades dalam Pilkades Suban sama-sama memperolehn 53 suara. Namun Panitia Pilkades menetapkan Neri Nurhayati sebagai pemenang dengan dasar Neri merupakan warga Suban. Sementara Bani Asri warga luar Desa Suban. (rwf)

Sumber: