Fakta Unik Amla: Buah Rasa Asam dan Pahit Tapi Punya 7 Manfaat Kesehatan

Fakta Unik Amla: Buah Rasa Asam dan Pahit Tapi Punya 7 Manfaat Kesehatan

Selain Menjaga Jantung, Buah Amla Berkhasiat Mencegah Kanker dan Penuaan Dini-istimewa-pexels.com

RASELNEWS.COM - Buah amla, atau yang dikenal juga sebagai gooseberry India, adalah pohon Buah yang tumbuh secara alami di beberapa bagian Asia.

Buah cukup ini cukup unik. Selain berguna menjadi campuran dalam masakan, buah Amla juga memiliki 7 manfaat bagi kesehatan.

Buah Amla dijadikan obat herbal, terutama di India tempat asalnya, karena kaya akan vitamin C dan memiliki kandungan antioksidan sehingga menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker dan penuaan dini.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, 5 Manfaat Madu untuk Anak, Dijamin Manjur

Buah Amla atau Gooseberry India dikenal dengan dua nama ilmiah yakni Phyllanthus emblica dan Emblica officinalis.

Buah ini juga sering disebut sebagai amla. Pohon kecil ini memiliki bunga berwarna kuning hijau yang berkembang menjadi buah bundar yang dapat dimakan dengan warna yang sama.

Buah memiliki biji dan berkulit tipis. Rasanya asam, pahit, dan adstringen. Buah ini digunakan dalam masakan di India, dan kebanyakan suplemen yang beredar saat ini dibuat hanya dari buah yang dikeringkan atau ekstrak buah yang sudah dihaluskan.

BACA JUGA:11 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wanita, Dijamin Suami Makin Lengket


Manfaat Buah Amla Bagi Kesehatan

Gooseberry India memiliki beberapa manfaat, meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian:

1. Mengatasi Asam Lambung

Penelitian selama 4 minggu pada 68 orang dengan penyakit refluks gastroesofageal (GERD) menunjukkan bahwa mengonsumsi 1.000 mg tablet buah amla setiap hari dapat mengurangi frekuensi dan keparahan asam lambung dan muntah lebih baik daripada plasebo.

2. Anti-Penuaan

Berkat kandungan vitamin C yang tinggi, gooseberry India memiliki manfaat anti-penuaan, melindungi kulit, mendukung pertumbuhan rambut, dan melindungi penglihatan terhadap degenerasi makula terkait usia.

BACA JUGA:Tak Hanya Mengatasi Uban, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

3. Pencegahan Kanker

Dalam studi tabung reaksi dan hewan, ekstrak gooseberry India telah membunuh beberapa jenis sel kanker dan mungkin membantu mencegah mutasi sel yang menyebabkan pertumbuhan tumor dan kanker.

4. Kesehatan Jantung

Gooseberry India dapat melindungi jantung melalui efek antioksidan, mengatur fungsi endotel, mengurangi peradangan, normalisasi kadar lemak darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pembentukan bekuan darah.

5. Kadar Gula Darah

Dalam studi hewan dan manusia, gooseberry India telah terbukti membantu menurunkan kadar gula darah, berpotensi membantu dalam pencegahan dan pengobatan diabetes tipe 2.

Sumber: