7 Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara yang Wajib Dicoba

7 Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara yang Wajib Dicoba

7 Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara yang Wajib Dicoba-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti, terutama oleh wanita di Indonesia, yang menduduki peringkat kedelapan dalam hal angka penderita Kanker payudara di Asia Tenggara.

Kanker payudara adalah penyakit di mana sel-sel Kanker tumbuh di dalam jaringan payudara, baik di dalam lobulus (kelenjar penghasil susu) atau di dalam duktus (saluran yang membawa air susu ke puting).

BACA JUGA:Hewan Menggelikan Ini Memiliki Khasiat Luar Biasa, Sembuhkan Penyakit Kulit Hingga Raja Singa

Selain di dalam kelenjar dan saluran payudara, sel kanker juga dapat berkembang di jaringan lemak atau jaringan ikat.

Biasanya, sel-sel kanker payudara ini membentuk tumor atau benjolan, yang bisa bervariasi dalam ukuran dari kecil hingga besar. Meskipun lebih umum terjadi pada wanita, kanker payudara juga dapat menyerang pria.

Salah satu cara untuk mendeteksi dini potensi tumor yang bisa berkembang menjadi kanker payudara adalah dengan melakukan pemeriksaan sendiri dengan menekan sekitar area payudara hingga ke arah ketiak dengan lengan dalam posisi diangkat ke atas.

BACA JUGA:Menurut Ustadz Adi Hidayat Penyakit Ini Lebih Bahaya dari Kanker, Bisa Rugi Dunia Akhirat

Jika Anda merasakan benjolan yang tidak biasa, segera konsultasikan ke dokter atau rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah kanker payudara, termasuk menjaga kesehatan dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Berikut 7 makanan sehat yang diantaranya membantu dalam pencegahan kanker payudara:

1. Apel

Buah apel dikenal sebagai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker. Apel kaya akan vitamin C dan serat, yang dapat menghambat sel-sel berpotensi kanker.

BACA JUGA:Kentut Telegu Bisa Membasmi Virus dan Penyakit Menular, Tak Percaya? Ini Buktinya

2. Brokoli

Sayuran brokoli sangat kaya manfaat dan dapat membantu melindungi tubuh dari sel-sel kanker.

Brokoli mengandung senyawa antioksidan sulforaphane yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membunuh sel-sel tumor dalam tubuh.

3. Kunyit

Kunyit mengandung bahan curcumin yang memiliki sifat anti-radang dan dapat membantu mengatasi tumor, termasuk yang berhubungan dengan kanker payudara.

4. Jamur

Jamur, seperti jamur kancing dan shitake, mengandung antioksidan tinggi yang dapat mendeteksi sel kanker dan menghancurkan jaringan tumor dalam tubuh.

BACA JUGA:2 Kebiasaan Orang Sumatera Yang Bisa Bikin Umur Panjang, Penyakit Jantung Kabur, Ini Rahasianya

5. Kacang

Sumber: