Daun Sambiloto: Tanaman Pahit yang Punya Manfaat Selangit

Daun Sambiloto: Tanaman Pahit yang Punya Manfaat Selangit

Daun Sambiloto: Tanaman Pahit yang Punya Manfaat Selangit -istimewa-

RASELNEWS.COM - Daun Sambiloto, sudah tidak asing lagi. Terlebih bagi mereka yang yang suka minum jamu.

Meski terkenal dengan rasanya yang pahit, ekstrak dari tanaman yang satu ini diketahui memiliki sejumlah manfaat selangit karena mengandung khasiat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman obat herbal ini mudah ditemukan di ladang atau halaman rumah.  Karena itulah, daun Sambiloto merupakan tanaman obat keluarga (TOGA) dan merupakan tanaman asli negara-negara Asia Selatan, seperti India dan Sri Lanka.

BACA JUGA:Pria Pasti Suka! Berikut 3 Manfat Air Ramuan Daun Pandan bagi Kesehatan

Sambiloto menjadi tanaman herbal karena mengandung banyak senyawa aktif, yakni saponin, alkaloid, flavonoid, dan tanin. Selain itu juga mengandung Kalsium, Karbon Aktif, Vitamin A, Kalium dan Besi.

Daun ini juga memiliki sifat antiradang, penghilang nyeri, dan penawar racun. Karena kandungannya inilah Sambiloto tenar di dalam dunia pengobatan herbal.

Bukan hanya itu, tanaman dengan bahasa latin Andrographis paniculata telah digunakan oleh masyarakat sebagai obat untuk  mengurangi rasa sakit akibat gigitan ular dan serangga.

BACA JUGA:Mengenal Daun Bidara: Tanaman Istimewa, Obat Herbal dan Dipercaya Mampu Mengusir Jin

Manfaat lain daun Sambiloto lain adalah untuk gangguan  saluran cerna, tekanan darah tinggi, encok, raja singa, sakit haid, gangguan hati, penyakit  kuning, hingga bisa meningkatkan imunitas  tubuh.  

Tanaman yang juga dikenal dengan nama King of Bitters ini bisa ditemukan di negara-negara lainnya. Termasuk Thailand, Cina, serta Indonesia.

Di Indonesia, tanaman sambiloto tersebar di hampir seluruh pulau Jawa. Bukan hanya daunnya, akar, dan batang tanaman Sambiloto juga digunakan sebagai obat herbal guna mengatasi berbagai masalah kesehatan.

BACA JUGA:Obat Kanker, dr Cahyono Sebut Daun Kelor Makanan Super Food, Ada 142 Antioksidan

Berikut manfaat daun Sambiloto bagi kesehatan:

1. Meredakan Gejala Pilek dan Flu

Mengonsumsi ekstrak tanaman andrographis dapat membantu meredakan gejala pilek dan flu, termasuk bersin, hidung meler, sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk, sakit telinga, kelelahan, dan kurang tidur. Sambiloto juga bermanfaat untuk meredakan gejala COVID-19.

2. Meredakan Demam

Ekstrak daun Sambiloto, baik digunakan sendiri atau bersama pengobatan tradisional lainnya, dapat membantu meredakan demam dengan efek antimikroba yang melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

Sumber: