Sudah Makan Tapi Lapar Lagi! Jangan Dianggap Remeh, Ini Penyebabnya

Sudah Makan Tapi Lapar Lagi! Jangan Dianggap Remeh, Ini Penyebabnya

Sudah Makan Tapi Lapar Lagi! Jangan Dianggap Remeh, Ini Penyebabnya-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Sudah makan, tiba-tiba terasa lapar lagi. Mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Jika hal ini terjadi, jangan dianggap remeh.

Pola makan yang tidak sehat salah satu menjadi penyebabnya. Bagi mereka yang tinggal diperkotaan, hal ini bisa saja terjadi.

Mencari makanan di perkotaan bukan perkara sulit. Dengan mudah, tempat makan ditemukan dengan berbagai menu yang ditawarkan.

BACA JUGA:Daun Sambiloto: Tanaman Pahit yang Punya Manfaat Selangit

Tetapi meski sudah makan, seringkali kita tergoda untuk membeli makanan. Hal ini bisa saja karena nafsu makan yang memikat.

Namun, ada orang yang mengalami sensasi lapar yang tak kunjung usai. Kondisi ini dapat disebabkan oleh pilihan makanan yang kurang baik.

Mengonsumsi makanan manis, olahan, dan rendah nutrisi dapat menyebabkan fluktuasi gula darah yang cepat, memicu sensasi lapar segera setelah makan.

Hal ini kemudian memicu siklus makan berlebihan dan memanjakan diri dengan camilan tidak sehat, seperti yang dilaporkan oleh Medical News Today.

BACA JUGA:3 Risiko Anak Sering Mengonsumsi Sosis, Salah Satunya Penyakit Jantung

Makanan sehat memainkan peran kunci dalam mengendalikan rasa lapar yang terus menerus.

Pola makan seimbang yang mencakup makanan utuh, seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian, memberikan nutrisi penting yang membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Makanan ini kaya akan serat, protein, dan lemak sehat, yang membantu menstabilkan kadar gula darah dan mencegah kehabisan energi.

Selain itu, makan sehat juga mendorong pengendalian porsi. Mengonsumsi makanan dalam porsi yang wajar dapat membantu kita mengelola asupan kalori dan mencegah rasa lapar yang berlebihan.

BACA JUGA:Cara Efektif Mengatasi Rambut Rontok, Dijamin Tak Botak

Porsi makan yang lebih kecil dan seimbang, disertai jarak yang cukup antar makanan sepanjang hari, dapat menjaga tingkat energi kita.

Makanan tertentu memiliki efek mengenyangkan, terutama yang kaya serat dan protein. Makanan-makanan ini melambatkan proses pencernaan, memperpanjang durasi rasa kenyang.

Mengintegrasikan makanan ini ke dalam pola makan kita dapat membantu mengatasi rasa lapar yang terus-menerus.

Selain itu, praktik makan dengan penuh kesadaran juga didorong oleh pola makan sehat. Memperhatikan apa yang kita makan, menikmati setiap gigitan, dan makan secara perlahan dapat membantu kita lebih sadar terhadap kebutuhan nutrisi tubuh.

BACA JUGA:Pria Pasti Suka! Berikut 3 Manfat Air Ramuan Daun Pandan bagi Kesehatan

Terakhir, terkadang apa yang kita anggap sebagai rasa lapar sebenarnya adalah rasa haus. Minum air sepanjang hari dapat membantu kita membedakan antara rasa lapar dan haus. (red)

Sumber: