Fakta Unik White Bellbird: Burung Sederhana Tapi Tidak Aman Bagi Telinga Manusia

Fakta Unik White Bellbird: Burung Sederhana Tapi Tidak Aman Bagi Telinga Manusia

Fakta Unik White Bellbird: Burung Sederhana Tapi Tidak Aman Bagi Telinga Manusia-istimewa-

RASELNEWS.COM - White Bellbird (Procnias Albus) merupakan burung yang cantik berwarna putih. Meski penampilan sederhana, faktanya burung ini tidak aman bagi telinga manusia.

Kok bisa? Bukan memiliki sifat menyerang, burung yang banyak ditemukan di sekitar Amerika Tengah dan Amerika Selatan termasuk negara Guyana, Brazil Venezuela ini dinobatkan sebagai burung dengan suara paling keras di bumi.

BACA JUGA:Fakta Unik Jalak Eropa: Burung Menarik Bersuara Berisik dan Mampu Mengubah Penampilan

Berdasarkan penelitian sejumlah ahli, kekuatan suara burung White Bellbird mencapai 125 dB.

Sebab itulah, burung tidak aman bagi pendengaran manusia. Di Indonesia burung ini disebut juga dengan nama burung Lonceng. Unik memang.

Hanya saja, burung dengan berat rata-rata 250 gram ini mengeluaran suara keras hanyalah yang berjenis jantan. Dari fisik, Burung Bellbird tidak terlalu mencolok dalam penampilan.

Meski begitu, burung dengan makan buah-buahan memiliki mulut yang besar dan bergelambir panjang, runcing di bagian atas.

BACA JUGA:Fakta Menarik Lyrebird, Burung Langka Khas Australia yang Mampu Meniru Tangisan Bayi

Suara yang dikeluarkan disebut-disebut sebanding dengan suara pesawat yang lepas landas dari jarak 50 meter dari landasan pacu.

Suara White Bellbird bisa terdengar hingga bermil-mil di hutan dan pegunungan Amazon yang luas. Suara itu dikeluarkan bukan tanpa alasan.

Hal ini dilakukan White Bellbird jantan ditujukan untuk menarik perhatian burung betina dan meneruskan reproduksi.

Semakin keras suara yang dikeluarkan, semakin pendek penampilan White Bellbird. Saat berhasil mendapatkan pasangannya, burung lonceng jantan akan bernyanyi di dekat burung betina yang telah mereka pilih.

BACA JUGA:Burung Paling Setia Di Dunia, Rela Mati Demi Menjaga Pasangannya Yang Sedang Ngeram, Ini Nama Burungnya

Setelah selesai bernyanyi, sang jantan memutar tubuh menghadap burung betina tersebut. Burung betina mulai menjauh saat White Bellbird mengeluarkan suara kerasnya.

Fakta lain, kerasnya suara White Bellbird jantan karena didukung otot perut yang tebal dan tulang rusuk yang kuat. (red)

Sumber: