4 Tanda Kompor Gas Anda Harus Diganti

4 Tanda Kompor Gas Anda Harus Diganti

4 Tanda Kompor Gas Anda Harus Diganti-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Bukan hanya makanan, beberapa peralatan rumah tangga juga memiliki masa ekspayer atau masa pakai. Misalnya kompor gas.

Masa penggunaan kompor gas ini juga dipengaruhi perawatan. Semakin rutin mengecek dan melakukan perawatan, maka usia kompor bisa berumur panjang.

Hanya saja, meskipun kompor gas bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, namun tidak ada batasan pasti berapa tahun penggunaannya.

BACA JUGA:Cek Sekarang! Arah Kompor Bisa Membuat Rezeki Anda Menjauh, Berikut Penjelasan Feng Shui

Tetapi bila sudah muncul tanda-tanda berikut ini, bisa menjadi petunjuk jika kompor gas perlu diganti. Apa saja tanda tersebut?

1. Pembakaran Tidak Merata

Pembakaran yang tidak merata menjadi pertanda penting bahwa kompor gas harus segera diganti. Baik itu kompor gas maupun kompor listrik, pembakaran adalah elemen kunci di dalamnya.

Jika api yang dihasilkan tidak lagi berwarna biru atau berkedip-kedip, atau jika ada percikan api yang berubah dari biru menjadi merah dan kuning, segera bersihkan tungku kompor.

BACA JUGA:PLN: Program Kompor Listrik Dibatalkan, Luhut: Lanjut

Hal ini bisa disebabkan oleh partikel tertentu yang mengganggu nyala api. Jika setelah dibersihkan masalah tersebut masih ada, perlu dipertimbangkan untuk diperbaiki atau diganti.

Untuk kompor listrik, termasuk kompor keramik, perhatikan kumparan saat dinyalakan dengan intensitas besar atau tinggi.

Jika kumparan tidak berubah menjadi merah cerah, periksa adanya karat atau tanda-tanda korosi yang bisa menghambat kinerjanya.

Sedangkan untuk kompor induksi, letakkan peralatan memasak dengan sedikit air di atasnya. Jika air tidak mendidih dalam beberapa menit, mungkin waktunya mengganti kompor.

BACA JUGA:PT PLN Batalkan Program Kompor Listrik

2. Bau Gas

Tanda lainnya yang perlu diperhatikan adalah bau gas yang tidak lazim. Gas mengandung zat aditif wangi yang bisa menjadi tanda pertama adanya kebocoran.

Jika Anda mencium bau gas yang tidak biasa, segera matikan kompor dan cabut regulator tabung gas. Jika bau tersebut masih tercium setelah itu, mungkin saatnya untuk mengganti tabung dan perlengkapannya.

3. Panel Kontrol Tidak Berfungsi

Panel kendali pada kompor listrik bisa menjadi bagian yang mahal untuk diganti. Jika tombol tidak berfungsi atau terasa tidak responsif ketika ditekan, maka sudah saatnya untuk mempertimbangkan penggantian.

BACA JUGA:PLN Diminta Alihkan Kompor Gas ke Kompor Listrik

4. Ada Celah di Permukaan

Jika kompor listrik Anda memiliki kaca temper yang retak, ini bisa menjadi masalah keamanan. Cara terbaik adalah dengan segera menggantinya.

Tanda-tanda ini perlu diperhatikan dengan seksama, karena kompor gas yang tidak berfungsi dengan baik bisa menimbulkan risiko bahaya.

Jika terdapat keanehan atau tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas, pertimbangkan untuk mengganti kompor gas Anda. Semoga bermanfaat. (red)

Sumber: