Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Lontaran Abu Capai 700 Meter, Jarak Aman 5 KM

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Lontaran Abu Capai 700 Meter, Jarak Aman 5 KM

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Lontaran Abu Capai Jarak 700 Meter, Jarak Aman 5 KM-istimewa-disway.id

RASELNEWS.COM - Gunung Anak Krakatau di Kabupaten Lampung Selatan kembali terpantau mengalami erupsi Selasa, 5 Desember 2023, pukul 04.38 WIB.

Tinggi lontaran abu yang dikeluarkan mencapai 700 meter di atas puncak gunung atau sekitar 857 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi ini menampilkan kolom abu berwarna hitam dengan tebal yang signifikan, condong mengarah ke barat laut. Kejadian ini tercatat dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 63 milimeter serta durasi kurang lebih 41 detik.

BACA JUGA:Perjuangan Warga Gunung Tiga Mencari Simber Air Bersih, Sudah 4 Sumur Digali, Ya Allah Kapan Hujan Turun

Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Andi Suardi, melaporkan, pemukiman terdekat dari gunung tersebut terletak di Pulau Sebesi, sekitar 16,5 kilometer dari lokasi Gunung Anak Krakatau.

Ia pun mengimbau masyarakat dan nelayan untuk menjauhi kawasan Gunung Anak Krakatau dalam radius lima kilometer.

Diketahui bahwa Gunung Anak Krakatau saat ini berada pada level III siaga. Oleh karena itu, rekomendasi diberikan kepada masyarakat, nelayan, dan pendaki gunung untuk tidak mendekati wilayah gunung tersebut dalam jarak lima kilometer.

BACA JUGA:Heboh! Piramida Setinggi 120 Meter di Toba, Diklaim Mirip Situs Gunung Padang

Sejak pertama kali muncul pada Juni 1927, Gunung Anak Krakatau telah mengalami serangkaian erupsi yang menyebabkannya bertumbuh semakin besar dan tinggi.

Pola letusan Gunung Anak Krakatau biasanya berupa erupsi eksplosif dan erupsi efusif, dengan interval waktu letusannya berkisar antara satu hingga enam tahun. (red)

Sumber: