Kenali Waktu yang Baik Menikmati Kopi

Kenali Waktu yang Baik Menikmati Kopi

Jangan Minum Kopi di Malam Hari, Ini Waktu yang Baik Menikmati Kopi -istimewa-pixabay.com

RASELNEWS.COM - Waktu optimal untuk menikmati kopi tidak harus terbatas pada pagi hari. Ternyata ada Waktu-Waktu yang baik untuk menikmati si hitam manis ini.

Ya, Kopi adalah minuman favorit banyak orang di seluruh dunia, memberikan kecanduan dan kesegaran.

Meskipun banyak orang menyukai secangkir kopi di pagi hari, jangka waktu kapan Anda minum kopi dapat memengaruhi dampaknya terhadap fungsi tubuh, dari energi siang hari hingga kualitas tidur malam.

BACA JUGA:Hindari Beli Kopi dengan 2 Ciri Berikut, Ada yang Jadi Favorit

Menurut Times of India, kadar kafein dalam tubuh Anda memiliki peran penting dalam mengatur berbagai aspek ini. Konsumsi kopi di malam hari atau menjelang tidur dapat mengganggu ritme sirkadian dan menyebabkan ketidaknyamanan dalam jadwal tidur.

Energi yang dihasilkan oleh kopi kadang-kadang tidak dimanfaatkan dengan baik, meningkatkan kegelisahan. Jadi, jika Anda mengalami kegelisahan atau kesulitan tidur di malam hari, konsumsi kopi pada jam 7 malam mungkin menjadi penyebabnya.

Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres dalam tubuh, mencapai puncaknya di pagi hari. Hormon ini memengaruhi tingkat energi dan stres sepanjang hari, serta berkontribusi pada kewaspadaan.

BACA JUGA:Bukan Kopi, Ini 5 Minuman Anti Ngantuk, Cocok Untuk Sopir Jarak Jauh

Oleh karena itu, minum kopi saat kortisol sedang aktif dalam tugas kewaspadaan mungkin bukan pilihan yang optimal. Sebaliknya, disarankan untuk menyelaraskan konsumsi kopi dengan siklus kortisol.

Kadar kortisol paling tinggi setelah bangun tidur, biasanya sekitar jam 08.00. Ini memberikan energi alami yang cukup untuk memulai hari hingga sekitar jam 09.00 atau 9.30.

Seiring penurunan kadar kortisol dan munculnya rasa lesu, disarankan untuk menikmati secangkir kopi untuk meningkatkan tingkat energi tanpa mengganggu ritme alami tubuh.

Saat tengah hari, sekitar pukul 13.00-15.00, ketika energi mulai menurun setelah makan siang, banyak orang cenderung memilih secangkir kopi es untuk menyegarkan diri.

BACA JUGA:Anda Pecinta Kopi Sachet? Stop Mulai Sekarang, Ini 6 Risikonya Bagi Kesehatan

Namun, penting untuk membatasi konsumsi karena peningkatan kafein di siang hari dapat memengaruhi kualitas tidur, terutama jika mendekati waktu tidur.

Konsumsi kopi dalam jumlah besar pada jam 15.00 dapat mengakibatkan kesulitan tidur pada jam 22.00. Demikian juga, minum kopi di sore hari dapat mengganggu kualitas dan siklus tidur malam.

Meskipun kopi berfungsi sebagai minuman malam yang luar biasa, sebaiknya dihindari pada malam hari untuk menghindari kegelisahan saat mencoba tidur.

Saatnya terbaik untuk menikmati kopi pada akhirnya tergantung pada kebiasaan dan gaya hidup Anda. Jika Anda bekerja pada shift malam, minumlah kopi sekitar jam 21.00 untuk menjaga kewaspadaan.

BACA JUGA:Bukan Hanya Kopi, Pulau Enggano Jadi Potensi Investasi Bengkulu

Jika Anda seorang pecinta olahraga yang menggunakan kopi sebagai pra-latihan, pastikan untuk minum kopi sekitar satu jam sebelumnya agar kafein memberikan energi yang dibutuhkan.

Bagi mereka dengan gaya hidup normal, yaitu bangun jam 07.00, disarankan untuk menunggu satu atau dua jam sebelum menikmati kopi, memberi kesempatan pada tingkat kortisol untuk memberikan energi alami sebelum ditambahkan dengan kopi. (red)

Sumber: