5 Tanda Anda Terkena Kolestrol Tinggi, Jangan Abaikan! Nomor 3 dan 4 Paling Mudah Dirasakan

5 Tanda Anda Terkena Kolestrol Tinggi, Jangan Abaikan! Nomor 3 dan 4 Paling Mudah Dirasakan

Tanda kolesterol tinggi-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Tanda-Tanda kolesterol tinggi dapat dikenali dari beberapa gejala yang muncul pada tubuh dan mudah dirasakan.

Meskipun terkadang terlihat sepele, tanda-tanda ini sebaiknya tidak diabaikan karena dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan jika tidak ditangani dengan cepat.

Kolesterol yang tinggi bisa berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit serius seperti serangan jantung, stroke, dan masalah pada arteri perifer.

BACA JUGA:Disebut Alquran, 2 Buah Ini Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat

Namun, satu hal yang membuatnya sulit dideteksi adalah kurangnya gejala khusus yang menandakan keadaan tersebut.

Sebenarnya, kolesterol dalam tubuh tidak selalu merugikan. Secara alami, zat ini dibutuhkan untuk menghasilkan hormon, membantu produksi vitamin D, serta memperlancar proses pencernaan.

Yang menjadi perhatian utama adalah ketidakseimbangan antara kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang dianggap buruk dan kolesterol HDL (high-density lipoprotein) yang baik.

BACA JUGA:Merasa Lelah Terus? Waspada! Itu Gejala Diabetes, Berikut Cara Mencegahnya

Penumpukan LDL dalam tubuh dapat mengakibatkan dampak yang tidak menguntungkan. Lemak yang terbawa oleh darah dapat mengeras dan membentuk plak, yang pada akhirnya dapat menyumbat pembuluh darah.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada 5 tanda atau gejala yang menjadi ciri khas dari kolesterol tinggi:

1. Nyeri di bahu

Rasa nyeri pada bahu seringkali menjadi salah satu gejala yang menandakan kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya aliran darah dan oksigen ke bahu.

BACA JUGA:Rendah Gula, 10 Makanan Ringan Ini Cocok Bagi Penderita Diabetes

2. Nyeri dada

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan komplikasi berupa nyeri pada dada. Hal ini terjadi karena adanya plak di dinding arteri yang menghambat aliran darah ke jantung.

3. Kram

Sensasi kram pada tubuh juga bisa menjadi indikator kolesterol tinggi. Kram ini biasanya muncul di malam hari atau saat bangun tidur, terutama di bagian tumit dan telapak kaki.

4. Kesemutan

BACA JUGA:Sorgum, Pangan Lokal Pengganti Beras, Cocok untuk Penderita Diabetes

Perasaan kesemutan di tangan, kaki, dan beberapa area tubuh lainnya dapat disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol.

Hal ini karena adanya plak yang mengganggu aliran darah, mengakibatkan suplai darah ke saraf tidak optimal.

5. Mengantuk

Jika sering merasa mengantuk dan sering menguap, ini bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. Tingginya kadar kolesterol dapat mengakibatkan kadar oksigen yang tidak optimal untuk otak.

Sumber: