Wahai Ladies! Skincare Ini Ternyata Tidak Boleh Dipakai Secara Bersamaan

Wahai Ladies! Skincare Ini Ternyata Tidak Boleh Dipakai Secara Bersamaan

Skincare Ini Ternyata Tidak Boleh Dipakai Secara Bersamaan-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Industri skincare kini telah berkembang dengan semakin kompleks. Banyak jenis-jenis dan kandungan dalam skincare yang bermunculan dan diklaim mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah.

Misalnya kandungan AHA/BHA atau Retinol. Kedua kandungan tersebut menjadi topik hangat di kalangan pecinta skincare dan menjadi populer.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Bekas Jerawat yang Bikin Wajah Kemerahan dengan Skincare

Sehingga ada banyak produk kosmetik yang mulai memakai kandungan tersebut dalam kosmetiknya dan banyak masyarakat yang mencari produk dengan kandungan AHA/BHA dan retinol.

AHA/BHA sendiri memiliki banyak fungsi pada kulit wajah, diantaranya adalah untuk mengangkat sel kulit mati, mengobati dan menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan dan meratakan warna kulit, mengecilkan pori-pori, dan manfaat lainnya.

Sementara kandungan retinol dalam skincare diklaim ampuh untuk perawatan agar wajah tampak awet muda, memperbaiki tekstur kulit, meningkatkan elastisitas kulit, memudarkan bintik hitam, dan juga manfaat lainnya.

BACA JUGA:7 Langkah Mudah Menyamarkan Pori-pori Wajah, No 1 Jadi Kebiasaan Padahal Dilarang Keras

Namun rupanya, AHA/BHA dan retinol tidak boleh digunakan secara bersamaan. Itu karena kedua kandungan ini sama-sama memiliki sifat eksfoliator dan ‘keras’ terhadap kulit.

Sehingga, dianjurkan untuk tidak memakai skincare dengan kandungan AHA/BHA dan retinol dalam waktu bersamaan atau berdekatan. Hal ini bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi dan mengelupas.

Selain AHA/BHA dan retinol yang tidak boleh dipakai bersamaan, berikut beberapa kandungan skincare lainnya yang juga harus dihindari dalam pemakaian bersamaan.

BACA JUGA:Mau Wajah Glowing, Kenali 7 Waktu yang Tepat Menggunakan Masker Wajah

1. Retinol dan Benzoil Peroksida

Retinol memiliki fungsi untuk mengatasi jerawat, begitu pula dengan benzoil peroksida.

Namun perpaduan kedua kandungan ini tidak dianjurkan untuk digunakan secara bersamaan.

Dilansir dari everydayhealth.com, benzoil peroksida justru akan menonaktifkan molekul retinoid. Sehingga manfaatnya tidak akan terasa.

2. Retinol dan Vitamin C

Pemakaian vitamin C dan retinol di waktu bersamaan akan menyebabkan kulit kering dan iritasi. Sebaiknya beri jeda untuk pemakaian kedua kandungan ini.

BACA JUGA:Hindari Penggunaan Lidah Buaya untuk Kulit Wajah, Bahaya! Ini Dampaknya

Retinol akan sangat maksimal jika digunakan pada malam hari. Sementara vitamin C paling baik digunakan pada siang hari.

3. Retinol dan Salicylic Acid

Kembali pada kasus untuk mengatasi jerawat, retinol dan salicylic acid jika digunakan bersamaan akan menyebabkan kulit menjadi sangat kering hingga iritasi.

Jika kering, kulit akan mulai memproduksi lebih banyak minyak. Tapi minyak berlebih pada wajah akan kembali memunculkan jerawat. Sehingga menjadi siklus tidak sehat bagi kulit.

4. Pembersih berbahan dasar sabun dan Vitamin C

BACA JUGA:Cara Mencegah dan Mengurangi Kerutan di Wajah Sejak Dini

Vitamin C akan bagus jika digunkan pada pagi hari. Namun apa yang digunakan untuk mencuci wajah sebelumnya harus menjadi pertimbangan.

Sabun cuci wajah memiliki pH yang tinggi sehingga akan menurunkan kemampuan kulit untuk menyerap vitamin C. Sehingga tidak ada gunanya memakai vitamin C setelah membersihkan wajah dengan sabun.

5. Glycolic Acid dan Azelaic Acid

Glycolic Acid dan Azelaic Acid juga sama-sama merupakan kandungan yang bersifat eksfoliator atau berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati pada kulit wajah.

Jika digunakan bersamaan, berpotensi menyebabkan kulit kemerahan, mengelupas, hingga kering dan perih. Sebaiknya pakai produk dengan kandungan ini di hari yang berbeda.

BACA JUGA:4 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Masker Wajah, Lebih Aman dan Murah

Itu dia beberapa kandungan skincare yang sebaiknya dihindari untuk dipakai bersamaan.

Mengingat banyak trend tentang tahapan atau urutan pemakaian skincare sehari-hari, sebaiknya periksa dulu aturan dan himbauannya. (red)

Sumber: