8 Efek Samping Mencabut Uban Bagi Kesehatan, Hentikan Sekarang!

8 Efek Samping Mencabut Uban Bagi Kesehatan, Hentikan Sekarang!

Efek Samping Mencabut Uban-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Mencabut uban ternyata bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Setidaknya ada 8 efek samping dari kebiasaan menghilangkan uban dengan cara dicabut.

Sebab itulah, hentikan sekarang. Uban umumnya merupakan rambut dengan warna putih. Menariknya, keberadaan uban tidak selalu terkait dengan proses penuaan.

Pada umumnya, uban dapat muncul pada individu yang berusia 30 tahun pun. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi melanin dan pigmen, yang sebenarnya menjaga warna hitam pada rambut.

BACA JUGA:Cara Mencegah Uban di Usia Muda dengan Santan, Tips Menjaga Rambut Hitam dan Berkilau Hingga Tua

Bagi yang memiliki uban, disarankan untuk tidak terlalu sering mencabutnya karena ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan.

Ada 8 efek samping mencabut uban bagi kesehatan.

1. Potensi Infeksi Folikel

Mencabut uban dapat memicu infeksi pada folikel, tempat di mana rambut tumbuh. Infeksi ini dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi merah, bengkak, bahkan terasa nyeri.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Uban dengan Terong, Hitungan Menit Rambut Putih Kembali Hitam

2. Iritasi Kulit Kepala

Infeksi pada folikel dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Gejalanya bisa berupa sensasi terbakar, rasa gatal, atau kemerahan, terutama bagi pemilik kulit yang sensitif.

3. Gangguan Pertumbuhan Rambut

Mencabut uban dapat mengganggu pertumbuhan rambut dan bahkan menyebabkan rambut tumbuh ke dalam, mengakibatkan gangguan kesehatan pada kulit kepala.

Pertumbuhan rambut baru juga bisa menjadi lambat karena luka pada folikel rambut.

BACA JUGA:Kulit Bolong atau Berlubang Akibat Jerawat? Coba Obat Herbal Ini Deh

4. Risiko Jaringan Parut

Tindakan mencabut uban berulang dapat menyebabkan bintik hitam atau bahkan jaringan parut di area kepala, akibat dari trauma yang ditimbulkan.

5. Kerusakan pada Rambut Baru

Meskipun rambut baru dapat tumbuh, namun kualitasnya mungkin tidak sebaik rambut yang pertama kali tumbuh karena adanya kerusakan pada rambut akibat proses pencabutan.

6. Ketidakrataan Pertumbuhan Rambut

BACA JUGA:Usia Muda Tapi Sudah Ubanan, Jangan Dicat Apalagi Dicabut, Ini Rahasia Tersembunyi Uban

Sumber: