Kulit Bolong atau Berlubang Akibat Jerawat? Coba Obat Herbal Ini Deh

Kulit Bolong atau Berlubang Akibat Jerawat? Coba Obat Herbal Ini Deh

Kulit Bolong atau Berlubang Akibat Jerawat? Coba Obat Herbal Ini Deh-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Kondisi kulit berlubang atau bolong akibat bekas jerawat seringkali membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri dan kenyamanan dalam berhadapan dengan publik.

Keinginan memiliki kulit yang halus, bebas noda adalah impian setiap individu, tak hanya wanita, tetapi juga pria.

Namun, setiap orang memiliki masalah kulitnya sendiri yang bisa sangat mengganggu. Apalagi kulit berlubang bekas jerawat.

BACA JUGA:Tak Buat Kantong Bolong! Berikut 5 Rekomendasi Masker Wajah Kulit Berminyak

Beberapa orang mungkin dengan mudah mengatasi masalah kulit ini, sementara yang lain mungkin mengalami kesulitan, terutama ketika masalah kulit muncul di wajah.

Kulit wajah yang lebih tipis menjadikan kulit tersebut lebih rentan terhadap berbagai masalah kulit, terutama jika tidak dirawat dengan baik atau terlalu banyak menggunakan produk kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit.

Salah satu masalah kulit yang sering muncul adalah jerawat, dan jenis jerawat yang paling mengganggu adalah jerawat batu.

Jerawat batu cenderung lebih besar dan meninggalkan bekas luka yang membuat kulit terlihat berlubang.

BACA JUGA:Cocok untuk Wanita! 5 Makanan Ini Bisa Bikin Kulit Sehat, Wajah Kian Cantik dan Glowing

Jerawat batu sering menyerang daerah sekitar pipi, dan bila kulit telah terkena jerawat ini, sangat sulit untuk memperbaikinya.

Kondisi kulit berlubang ini seringkali disebabkan oleh kehilangan kolagen yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit.

Permukaan kulit yang berlubang tidak mudah dikembalikan ke keadaan semula, dan kondisi ini seringkali mengganggu kepercayaan diri pemiliknya.

Cara paling mudah untuk mengatasi kondisi kulit berlubang adalah melalui perawatan wajah profesional dengan menggunakan teknologi laser yang mampu memperbaiki lapisan kulit terdalam.

BACA JUGA:Cukup 2 Bahan! Skincare Ala Dr Zaidul Akbar Ini Bisa Bikin Kulit Lembut dan Wajah Kinclong

Namun, ada pula obat herbal yang bisa mengatasi kulit berlubang akibat bekas jerawat. Salah satunya adalah jeruk nipis.

Jeruk nipis dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat dan bekasnya. Caranya, setiap malam sebelum tidur, bersihkan wajah dengan air atau sabun anti-jerawat yang sesuai dengan jenis kulit, lalu oleskan jeruk nipis dengan lembut pada kulit yang berlubang.

Selain jeruk nipis, bisa juga menggunakan masker madu dan lemon.

Campurkan satu sendok makan madu dengan beberapa tetes jus lemon, aduk rata.

Gunakan campuran madu dan lemon sebagai masker untuk kulit berlubang setiap hari atau dua hari sekali setiap minggu, lalu bilas dengan air hangat.

BACA JUGA:Khasiat Tepung Beras Untuk Kulit Glowing, yang Punya Pori-pori Besar Simak Nih

Cara lainnya dengan menggunakan kedelai. Caranya, rendam biji kedelai semalaman, lalu haluskan hingga menjadi bubuk halus.

Oleskan bubuk kedelai ke kulit berlubang selama sekitar setengah jam, lalu bilas dengan air hangat.

Kedelai dipercaya dapat membantu memulihkan kolagen kulit dalam waktu tiga minggu.

Selain penggunaan obat herbal alami seperti di atas, perbanyaklah konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang penting untuk merangsang produksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit.

BACA JUGA:Sering Disepelekan! Kulit Petai Cina Ternyata Punya Khasiat Bagi Kesehatan, Begini Cara Penyajiannya

Buah-buahan seperti mangga dan jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit, sedangkan tomat mengandung likopen yang membantu melawan jerawat. (red)

Sumber: