Cara Mencegah Uban di Usia Muda dengan Santan, Tips Menjaga Rambut Hitam dan Berkilau Hingga Tua

Cara Mencegah Uban di Usia Muda dengan Santan, Tips Menjaga Rambut Hitam dan Berkilau Hingga Tua

Cara Mencegah Uban di Usia Muda dengan Santan, Tips Menjaga Rambut Hitam dan Berkilau Hingga Tua-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Uban atau rambut putih sering dikaitkan dengan penuaan, tetapi tidak hanya usia yang menjadi penyebabnya, karena banyak faktor yang bisa menyebabkan Uban muncul pada usia muda.

Uban dini, disebabkan oleh produk perawatan rambut, hormon, dan gaya hidup tidak sehat, mengakibatkan banyak orang berusaha mencari cara untuk menghilangkannya karena pengaruhnya terhadap penampilan.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Uban dengan Terong, Hitungan Menit Rambut Putih Kembali Hitam

Mulai dari mencabut atau mewarnai rambut putih, berbagai cara dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Bagi yang ingin mencegah uban dini, perawatan alami untuk rambut bisa menjadi solusi. Dengan perawatan ini, uban dini bisa dicegah.

Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan uban, seperti manfaat santan untuk kesehatan rambut.

Rambut yang memutih disebabkan oleh berhentinya produksi pigmen oleh sel-sel melanosit di dasar rambut.

BACA JUGA:Cara Klaim Kacamata Pakai BPJS Kesehatan, Catat Syaratnya

Vitamin B12 diperlukan agar sel-sel ini terus memproduksi pigmen penghasil warna. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan uban prematur dalam beberapa kasus.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika memasuki usia 30-an, kemampuan sel-sel ini untuk memproduksi pigmen melemah, menyebabkan munculnya uban.

Selain vitamin B, vitamin C dan E juga membantu melambatkan proses penuaan. Santan kaya akan nutrisi ini, seperti vitamin B1, B3, B5, B6, zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan memperkuat folikel rambut, mendorong pertumbuhan rambut. Kemampuan pelembab Santan juga membantu menjaga kelembutan rambut.

BACA JUGA:Gula Darah: Penyebab dan Tips Mengatasi Hiperglikemia dalam Tubuh Secara Alami

Santan sering digunakan sebagai kondisioner alami untuk rambut. Anda dapat membuat kondisioner sendiri dengan santan atau membuat masker rambut DIY.

Untuk masker rambut alami, campur satu cangkir santan, satu sendok makan minyak zaitun, dan satu butir telur dalam mangkuk besar. Campur hingga menjadi pasta halus.

Oleskan campuran ini ke kulit kepala, pijat dengan lembut, lalu aplikasikan ke seluruh rambut, terutama ujungnya. Biarkan masker selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Demikian cara mencegah uban usia muda. Dengan santan, rambut hitam dan berkilau di hingga usia tua. Semoga bermanfaat. (red)

Sumber: