Cek Sekarang Busi Motor Anda! Jika Berwarna Ini Sebaiknya Diganti, Bahaya

Cek Sekarang Busi Motor Anda! Jika Berwarna Ini Sebaiknya Diganti, Bahaya

Tanda Busi Motor Sudah Rusak-istimewa-

RASELNEWS.COM - Sepeda motor merupakan kumpulan berbagai komponen vital, dan salah satunya adalah busi atau spark plug. Karena itulah jika warna busi sudah berubah warna, baiknya segara diganti.

Busi memainkan peran penting dalam sistem pengapian sepeda motor, karena tanpanya, mesin tidak dapat dihidupkan.

BACA JUGA:Peluang Usaha Terpadu Di Desa, Bisa Mendapatkan Hasil Harian, Mingguan dan Bulanan, Ini Usahanya

Busi motor bertanggung jawab menyampaikan tegangan listrik dari ignition coil untuk menciptakan percikan api yang membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar.

Masalah pada busi dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pengapian, sehingga perawatan teratur diperlukan untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.

Seiring dengan kemajuan teknologi mesin sepeda motor, busi hadir dalam berbagai jenis, seperti busi nickel, busi resistor, busi platinum, busi iridium, dan busi racing.

BACA JUGA:Saatnya Berburu Mobil Mewah! Nih Daftar MPV Berkualitas dengan Harga Sudah Terjun Bebas

Setiap jenis busi memiliki perbedaan pada material ujung tip electrode, menghasilkan performa yang beragam.

Seperti komponen lain pada sepeda motor, usia pakai busi memengaruhi kinerjanya, dan dapat menjadi indikator kondisi pembakaran melalui warna elektroda pada kepala busi.

Berikut ciri-ciri jika busi sudah selayaknya diganti. Tanda ini bisa dikenali dengan perubahan warna.

BACA JUGA:Honda Luncurkan Stylo 160, Sepeda Motor Mattic Berteknologi Tinggi, Tampilannya Klasik dan Mini

Abu-abu atau Merah Bata

Warna abu-abu atau merah bata pada ujung besi atau insulator menunjukkan bahwa kondisi busi normal dan baik. Pembakaran di ruang mesin berlangsung secara optimal dan efisien.

Hitam dan Kotor

Elektroda busi berwarna hitam menandakan ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara.

Kotoran atau lapisan karbon dapat menyebabkan sulitnya menghidupkan mesin, tidak stabilnya putaran mesin, dan peningkatan konsumsi bensin. Pembersihan busi dan pengecekan mesin diperlukan jika busi kotor.

BACA JUGA:Lindungan Mobil Anda! Ini 7 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik, Pendaftaran Bisa Secara Online

Putih Pucat

Warna ini menunjukkan busi terlalu panas. Pengabaian dapat merusak komponen mesin, meningkatkan konsumsi bahan bakar, dan menurunkan akselerasi. Hindari dengan memilih busi sesuai rekomendasi buku pedoman pemilik.

Aus
Busi menjadi aus karena pengapian terlalu cepat dan kurang pendinginan, mengakibatkan penurunan akselerasi. Pastikan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pemilik sepeda motor Honda dan ganti busi jika diperlukan.

BACA JUGA: Isuzu Panther, Sang Raja Diesel Kembali Lahir, Desain Garang, Dimensi Lebih Besar, Mesin Kian Menantang

Hitam dan Berlumur Oli
Ujung busi hitam dan berlumur oli menandakan kemungkinan kebocoran ring piston, mengakibatkan masuknya oli ke ruang bakar. Periksa tekanan kompresi dan kondisi busi jika hal ini terjadi.

Untuk memastikan performa optimal, perawatan rutin di bengkel AHASS Wahana diperlukan. Pastikan sepeda motor Honda kesayangan Anda selalu dalam kondisi prima untuk perjalanan yang aman dan nyaman. (red)

Sumber: