Toyota Innova Zenix Punya 2 Jenis Transmisi, Kenali Perbedaan Antara Gasoline dan Hybrid

Toyota Innova Zenix Punya 2 Jenis Transmisi, Kenali Perbedaan Antara Gasoline dan Hybrid

Transmisi Innova Zenix-Istimewa-tangkapan layar yoautube GridOtoTips

RASELNEWS.COM – Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang Toyota Innova Zenix yang hadir di Indonesia saat ini, SUV mewah yang sedang naik daun saat ini.

Toyota Kijang Innova series ini hadir di Indonesia dengan mengusung dua varian mesin yakni gasoline biasa dan hybrid, dimana terdapat kombinasi energi listrik dari baterai dan mesin.

BACA JUGA:Desain Lexus LS Terbaru 2025 Resmi Diperkenalkan, Mobil Perpaduan Kemewahan dan Kecepatan yang Tak Tertandingi

Kedua jenis mesin ini menggunakan tipe transmisi yang sedikit berbeda. Pada varian gasoline menggunakan transmisi tipe CVT (Continuously Variable Transmission).

Sementara varian Hybrid menggunakan transmisi e-CVT. Lantas di mana tentang perbedaan antar kedua mesin yang di usung Toyota Innova Zenix yang sekarang ada di pasaran Indonesia ini?

BACA JUGA:Nissan Ariya EV Mobil Listrik Murni Bergaya Crossover, Perpaduan Kemewahan, Kecepatan, dan Teknologi Canggih

Pertama, pada varian gasoline dengan mesin bensin, yang menggunakan transmisi CVT.

Ini adalah transmisi yang umum digunakan, dengan pulley primer dan sekunder yang dihubungkan oleh sabuk baja.

Pergerakan sabuk inilah yang mengatur rasio gigi transmisi CVT.

Namun, ada satu set gigi tambahan yang disebut launch gear, yang membantu dalam akselerasi awal mobil.

BACA JUGA:Mobil Hyundai Kona Elektrik Akan Dirakit di Indonesia, Harga Cuma 200 Jutaan, Gunakan Baterai Lokal

Pada kecepatan menengah hingga tinggi, transmisi CVT dapat mempertahankan putaran mesin tetap rendah untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Sementara itu, pada varian Hybrid, transmisi yang digunakan adalah e-CVT. Meskipun namanya mirip dengan CVT, namun transmisi ini tidak menggunakan pulley dan sabuk.

BACA JUGA:China Luncurkan Mobil Off-road Paling Tangguh 2024, Harga Murah, Land Cruiser dan Rubicon Kalah Jauh

Sebagai gantinya, terdapat dua motor generator yang terhubung melalui set gigi planetary yang disebut split gear.

Transmisi ini tidak memiliki rasio gigi yang terdefinisi, sehingga memberikan percepatan yang mulus tanpa adanya perpindahan gigi.

BACA JUGA:Mobil Jagoan China Haval H9 Segera Meluncur, Land Cruiser dan Rubicon Pernah Dipermalukan, Jepang Waspada!

Sumber: