7 Ikan Arwana Termahal di Dunia, Ada Dibanderol Miliaran Rupiah, Anda Punya?

7 Ikan Arwana Termahal di Dunia, Ada Dibanderol Miliaran Rupiah, Anda Punya?

Arwana Super Platinum-istimewa-tangkapan layar youtube rangkumania

RASELNEWS.COM - Ikan Arwana adalah salah satu spesies Ikan hias yang paling terkenal di Indonesia dan juga di seluruh dunia.

Ikan ini memiliki bahasa latinnya Steropages formosus. Ikan ini sering disebut sebagai "ikan naga" karena gerakannya yang menyerupai naga terbang ketika berenang.

Awalnya, ikan Arwana tidak digunakan sebagai ikan hias, melainkan dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Perubahan fungsi Arwana menjadi ikan hias terjadi pada tahun 1967, ketika seorang pengusaha akuarium dari Malaysia tertarik pada keindahan ikan Arwana.

BACA JUGA:5 Vespa Klasik Termahal di Dunia, Mungkin Anda Punya? Kaum Mendang Mending Minggir Dulu

Saat ini, ada beberapa jenis ikan Arwana yang memiliki harga sangat mahal, bahkan mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Berikut adalah tujuh jenis ikan Arwana dengan harga tertinggi di dunia:

1. Arwana Super Platinum

Ikan ini memiliki warna tubuh silver keputihan yang elegan dan megah. Biasanya ditemukan di Sungai Amazon, meskipun habitatnya sulit dijangkau, namun banyak penjual yang berhasil mendapatkannya. Harga Arwana Super Platinum bisa mencapai miliaran rupiah.

BACA JUGA:Bonsai Kimeng: Tanaman Hias Termahal di Dunia, Dipercaya Bawa Hoki

2. Arwana Super Red

Merupakan spesies endemik Indonesia yang hidup di Sungai Sentarum dan Sungai Kapuas di Kalimantan Barat. Tubuhnya berwarna merah merona, dan harganya bisa mencapai Rp 10 hingga Rp 50 juta per ekor, tergantung pada ukuran dan warnanya.

3. Arwana Golden Red

Berasal dari Kabupaten Pekanbaru, Riau, ikan ini memiliki warna emas dan kemerahan dari ujung kepala hingga ekor. Termasuk jenis langka, sehingga harganya berkisar antara Rp 10 hingga Rp 20 juta Rupiah per ekor.

BACA JUGA:4 Air Minum Kemasan Termahal di Dunia, Ukuran 750 ML Dijual Seharga Mobil Mewah

4. Arwana Crossback Golden

Dari Malaysia, ikan ini memiliki warna emas pada bagian tubuhnya dan warna merah kehijauan pada sirip ekornya. Harga per ekornya dapat mencapai Rp 5 hingga Rp 15 juta.

5. Arwana Banjar Red

Juga berasal dari Sungai Kapuas di Kalimantan Barat, memiliki corak warna silver dan kuning pada tubuhnya. Harganya berkisar antara Rp 2 hingga Rp 10 juta per ekor.

BACA JUGA:5 Mobil Termahal di Dunia, Ada yang Sampai 2 Triliun, Ini Daftar Mobil Termahal di Dunia

6. Arwana Golden Pino

Ditemukan di beberapa negara termasuk Indonesia, Kamboja, Thailand, dan Myanmar. Ikan ini memiliki warna emas kehijauan pada tubuhnya dengan harga Rp 3 hingga Rp 8 juta Rupiah per ekor.

7. Arwana Silver

Jenis ini memiliki harga yang lebih terjangkau, sekitar Rp 2 hingga Rp 4 juta Rupiah per ekor. Berasal dari Brazil, ikan ini memiliki warna silver dari ujung kepala hingga ekor.

Sumber: