Waspada Lambung Bengkak! Nih Makanan yang Bermanfaat untuk Tukak Lambung

Waspada Lambung Bengkak! Nih Makanan yang Bermanfaat untuk Tukak Lambung

Makanan yang Bermanfaat untuk Lambung Bengkak-istimewa-tangkapan layar youtube tanam tanam

RASELNEWS.COM - Gangguan pencernaan pada lambung, seperti tukak lambung, GERD, kenaikan asam lambung, dan dispepsia, termasuk yang paling umum kita ketahui.

Lambung bengkak, pada dasarnya, merupakan jenis penyakit lambung yang mirip dengan penyakit maag.

Ketika seseorang menderita sakit maag dengan keluhan pembesaran lambung karena peradangan, itulah yang disebut sebagai lambung bengkak.

BACA JUGA:15 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Faktor penyebab kondisi lambung mengengkak ini bervariasi. Seperti stres, pola tidur yang tidak teratur, konsumsi obat tertentu, parasit, bakteri, atau virus dalam lambung, pola makan yang tidak teratur, dan konsumsi alkohol.

Untuk meredakan gejala gangguan lambung seperti lambung bengkak, perubahan pola makan menjadi lebih sehat diperlukan. Berikut adalah makanan yang baik untuk lambung bengkak:

1. Daun Kemangi

Selain menjadi obat untuk bau mulut, daun kemangi juga dapat membantu memulihkan lambung yang bengkak. Sifat antibakteri dan antiinflamasi di dalam daun kemangi mampu melawan infeksi pada lambung dan meredakan peradangan.

BACA JUGA:Layak Dicoba! Ini 15 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Pria, Nomor 3 dan 6 Pasti Bikin Istri Bahagia

2. Strowberi

Buah merah segar ini dapat menjadi penyembuh lambung bengkak secara alami karena kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama untuk memulihkan lambung bengkak akibat konsumsi alkohol berlebihan.

3. Yogurt

Sebagai sumber probiotik, yogurt dapat membantu menjaga kesehatan lambung dan meredakan kondisi lambung bengkak dengan mengonsumsinya secara rutin.

BACA JUGA:Manfaat Bawang Putih untuk Kulit dan Rambut, Begini Cara Menggunakannya dengan Tepat

4. Pisang

Buah ini termasuk dalam buah penurun kadar asam lambung yang efektif dan dapat membantu meredakan lambung bengkak.


5. Jahe

Selain efektif sebagai obat masuk angin, jahe juga dapat membantu memulihkan lambung bengkak karena sifatnya yang antiinflamasi.

6. Labu

Pengolahan labu dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang dapat membantu memulihkan lambung bengkak dan meredakan gejala gangguan pencernaan.

Sumber: