10 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

10 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Salah satu jenis rempah-rempah yang mudah ditemukan di negeri ini adalah kayu manis. Rempah ini memiliki aroma dan rasa yang enak, sering digunakan sebagai penambah rasa pada berbagai makanan dan minuman.

Ekstrak kulit kayu digunakan dalam memasak dengan kayu manis. Kayu Manis telah lama digunakan sebagai obat di seluruh dunia.

Awalnya, manfaatnya diteliti untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk melalui penggunaan cream oles. Namun, ternyata rempah satuini juga dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

BACA JUGA:Minum Air Putih Saat Perut Kosong Sangat Dianjurkan, Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berikut adalah 10 manfaat kayu manis bagi kesehatan:

1. Kayu manis kaya akan antioksidan seperti polifenol, asam fenolik, dan flavonoid yang dapat mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas dan membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

2. Kandungan rempah-rempah ini terbukti dapat menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi efek negatif dari makanan berlemak dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Kayu manis memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dengan menghambat aliran darah pada tumor.

BACA JUGA:3 Manfaat Tahu Untuk Kesehatan, Efektif Mencegah Penyakit Mematikan Bagi Wanita

4. Zat aktif dalam kayu manis dipercaya dapat melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur, serta membantu mencegah kerusakan gigi, bau mulut, penyembuhan luka, dan infeksi kulit.

5. Konsumsi kayu manis diyakini dapat membantu penurunan lemak tubuh dan lingkar pinggang karena kandungan zat aktifnya yang membantu pembakaran lemak.

6. Kayu manis dapat mengurangi nyeri rematik dengan mengurangi protein-protein kecil yang menyebabkan rematik.

7. Minum air rebusan kayu manis dapat membantu menjaga fungsi otak dengan melindungi neuron dan meningkatkan fungsi motorik, sehingga mencegah penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

BACA JUGA:Manfaat Kulit Semangka untuk Merawat Wajah

8. Kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, serta memperlambat penguraian karbohidrat untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

9. Konsumsi kayu manis dapat melawan penuaan pada kulit dengan meningkatkan pembentukan kolagen, elastisitas, dan hidrasi kulit, serta mencegah jerawat.

10. Sifat anti-peradangan kayu manis dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan dalam tubuh.

Dengan manfaat yang begitu banyak, menambahkan kayu manis ke dalam masakan atau minuman sehari-hari dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:7 Manfaat Bunga Teratai untuk Kecantikan, Mulai Mencegah Kerutan di Wajah Hingga Mengatasi Ketombe

Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai untuk menghindari efek samping. (and)

Sumber: