PLN Keluarkan Tarif Listrik April-Juli 2024, Ada yang Naik?

PLN Keluarkan Tarif Listrik April-Juli 2024, Ada yang Naik?

Ilustrai Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi dan daya beli masyarakat, PT PLN mengeluarkan tarif listrik untuk periode April hingga Juni 2024.

Tarif ini juga sebagai langkah PLN dalam menjaga mutu pelayanan. Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jisman P. Hutajulu mengatakan, penetapan tarif listrik triwulan II tahun 2024 berdasarkan parameter ekonomi makro.

BACA JUGA:Rekomendasi HP Realme Terbaik Harga 2 Jutaan, RAM 8 GB, Baterai Badak

Di antaranya kurs, harga minyak mentah, inflasi, dan harga batu bara sesuai dengan kebijakan DMO Batubara.

Meskipun berdasarkan parameter tersebut, sebenarnya tarif listrik bagi pelanggan non-subsidi seharusnya mengalami kenaikan, namun pemerintah memutuskan untuk tetap mempertahankan tarif listrik agar tidak naik. Ini dilakukan sebagai langkah untuk mendukung daya beli masyarakat.

Menurut Jisman, tarif listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi juga tidak mengalami perubahan. Bahkan PLN tetap memberikan subsidi listrik kepada pelanggan sosial, rumah tangga miskin, serta industri kecil.

BACA JUGA:Mobil Sejuta Umat Terbaru, Toyota Resmi Luncurkan Innova Versi Mini, Ada 7 Pilihan Warna, Harga Setara Agya

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendukung sektor-sektor yang membutuhkan jaringan listrik yang murah.

Kementerian ESDM juga terus memberikan dukungan kepada PLN dalam upaya efisiensi operasional dan peningkatan penjualan tenaga listrik. Selain itu, PLN diharapkan dapat menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN menambahkan jika PLN siap mendukung upaya pemerintah dalam hal penyediaan listrik yang andal dan terjangkau bagi masyarakat.

BACA JUGA:Harga Diluar Nalar, Spesifikasi Biasa! Pantas Motor Ini Tak Laku di Indonesia

Berbagai upaya efisiensi dan digitalisasi telah dilakukan oleh PLN sebagai komitmen mereka dalam mewujudkan hal ini.

Dengan tetapnya tarif listrik untuk periode April hingga Juni 2024, diharapkan masyarakat dapat terus merasakan manfaat dari layanan listrik yang andal dan terjangkau. (and)

Sumber: