Perbedaan Oli Motor Matic dan Manual, Jangan Salah Pakai! Ini Dampak Buruknya

Perbedaan Oli Motor Matic dan Manual, Jangan Salah Pakai! Ini Dampak Buruknya

Perbedaan Oli Motor Matic dan Manual, Jangan Salah Pakai! Ini Dampak Buruknya-istimewa-tangkapan layar youtube autoexpose

RASELNEWS.COM - Mengapa oli pada motor matic berbeda meskipun keduanya menggunakan mesin yang sama dan bahan bakar yang sama? Perbedaan terletak pada transmisi.

Namun, mengapa oli mesinnya juga berbeda? Berikut penjelasan dan faktor-faktor yang membuat oli motor matic menjadi berbeda.

Pada pandangan pertama, oli motor matic terlihat sama dengan oli biasa. Bentuk dan warnanya pun serupa. Perbedaannya terletak pada kemasannya yang seringkali memiliki gambar motor matic.

BACA JUGA:Lebih Baik Mana Motor Mesin 4 Tak atau 2 Tak?

Namun, sebenarnya oli untuk motor matic, mobil, motor sport, atau bebek memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai pelumas bagi bagian dalam mesin kendaraan.

Meskipun mesin yang digunakan sama-sama menggunakan bensin, namun terdapat satu perbedaan mendasar antara motor matic dan motor sport atau bebek, yaitu transmisi.

Motor matic menggunakan transmisi GVT yang terletak di luar mesin. Sebaliknya, motor sport atau bebek menggunakan transmisi manual yang terletak di dalam blok mesin.

BACA JUGA:Ini Alasan Mengapa Ganti Oli Mesin Harus Tepat Waktu

Oleh karena itu, oli pada motor matic hanya untuk melembabkan bagian mesin, sedangkan oli pada motor manual juga harus melembabkan gigi transmisi.

Perbedaan fungsi inilah yang membuat kebutuhan pelumasan antara keduanya berbeda.

Jika oli tersebut ditukar, meskipun fungsinya tidak jauh berbeda, namun untuk jangka panjang akan menimbulkan efek buruk.

BACA JUGA:Mobil SUV Bekas Harga Rp 80 Jutaan Ini Dijamin Buat Anda Betah, Peforma Mesin Tak Perlu Ragu

Jenis oli yang berbeda dapat menyebabkan kebocoran oli dari sambungan komponen atau bahkan mengakibatkan silinder yang aus, yang pada gilirannya dapat membuat motor mengeluarkan asap berlebihan.

Oleh karena itu, saat membeli oli baru, penting untuk memeriksa kemasannya dan memastikan bahwa oli tersebut sesuai untuk motor matic atau motor manual.

Hal ini dapat dilihat dari kode pada kemasan oli, seperti JASO MA untuk motor matic dan JASO MB untuk motor manual.

BACA JUGA:Cruiser Asal Spanyol Hadir di Indonesia, Tampilan Keren, Mesin Tangguh, Pesaing Benelli Motobi 200 Evo

Dengan memperhatikan hal ini, Anda dapat memastikan bahwa oli yang digunakan sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan Anda. (and)

Sumber: