Motor Ini Dirakit di Semarang, Kualitas Setara Motor Jepang, Sudah Uji Coba Jakarta-Pegunungan Himalaya

Motor Ini Dirakit di Semarang, Kualitas Setara Motor Jepang, Sudah Uji Coba Jakarta-Pegunungan Himalaya

Viar Vortex 250 -Istimewa-Tangkapan Layar Youtube Moto Z

RASELNEWS.COM - Salah satu pabrikan motor lokal Indonesia akhirnya bisa menggebrak dunia roda dua tanah air dengan memperkenalkan motor petualangan keren bergaya eropa yakni Vortex 250.

Motor ini merupakan hasil karya dari pabrikan lokal yang berada di Semarang Indonesia, Viar, dan diharapkan dapat bersaing langsung dengan Kawasaki Versys 250 atau Honda CRF Rally 250 yang sudah mapan namanya.

BACA JUGA:10 Ranking Motor Terlaris di Dunia! Honda Mendominasi, Yamaha Kalah Dari Hero Motor, Suzuki?

Dari segi tampilan, motor ini memang terlihat sangat gagah dengan dimensi besar dan tinggi, khas motor petualangan. Mesinnya berkapasitas 250 cc dan dari ulasan beberapa pengguna, mereka menyatakan puas dengan performa mesinnya.

Motor ini dirakit di Semarang, Indonesia, tempat pabrik Viar berada. Namun, pertanyaan umum yang muncul adalah seberapa tahan lama motor lokal ini?

Hal ini cukup beralasan mengingat konsumen tanah air biasanya kurang percaya dengan kualitas motor non-Jepang atau Eropa.

Namun Viar membuktikan keandalan Vortex 250 dengan menguji motor ini dalam perjalanan dari Jakarta ke Jawa Timur tanpa ada masalah.

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Motor Matic Mengalami Ngorok dan Gredek? Simak Solusinya

Bahkan, motor ini telah melakukan perjalanan sejauh 15.000 km dari Jakarta hingga Pegunungan Himalaya.

Uji coba ini dilakukan oleh seorang solo rider asal Jakarta, Pak Gunadi, pendiri Free Rider Indonesia.
Perjalanan ekstrem ini berlangsung tanpa kendala berarti, menunjukkan bahwa Viar Vortex 250 memiliki ketahanan yang baik.

Viar Vortex 250 sebenarnya merupakan motor rebranding dari Zongsen X3 di China atau Cyclone RX3 di Amerika Serikat. Namun, dari segi desain dan spesifikasi, mirip dengan kedua motor tersebut.

Mesinnya memiliki kapasitas 249 cc, satu silinder, SOHC, berpendingin cairan. Mesin ini juga digunakan pada motor Minerva McEllii dan Viar Cross X 250.

BACA JUGA:Mitsubishi Rilis Mobil Listrik Murah, Tangguh dan Berteknologi Twin Motor 4WD

Dengan performa mesin yang cukup impresif, motor ini mampu mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 28 km/l, angka yang cukup baik untuk motor lokal.

Fitur lainnya termasuk suspensi Upside Down di depan, monoshock di belakang, serta sistem pengereman cakram depan dan belakang.

Sumber: