Desa Wayhawang Kaur Berbenah! Bangun Jalan Hingga Jembatan, Terhubung Jalan Sentra Tani

Desa Wayhawang Kaur Berbenah! Bangun Jalan Hingga Jembatan, Terhubung Jalan Sentra Tani

Desa Wayhawang melalui Dana Desanya membangun jalan dan jembatan di tahun 2024-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Desa Wayhawang Kecamatan Maje Kabupaten KAUR, Bengkulu tahun ini kembali berbenah. Bila tahun lalu membangun jalan rabat beton, maka tahun ini kembali melanjutkan pembangunan instruktur memangkas tebing memperbaiki badan jalan hingga membuat jembatan permanen.

"Ini semua menggunakan DD (Dana Desa) tahun ini, jadi selain kupas jalan juga ada pemangkasan tebing dan pembuatan jembatan," kata Kades Wayhawang Ahmad Marzuki, M.Pd kepada Raselnews.com.

BACA JUGA:Peduli Warga, Pemkab Kaur Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

Mantan Camat Maje itu menegaskan untuk pembangunan jembatan pihaknya mengalokasikan dana Rp 230 juta dengan tekstur permanen panjang 8 meter.

Sedangkan untuk pengupasan tebing sebesar Rp 80 juta. Lokasi pengupasan tebing ini menghubungkan desanya dengan jalan usaha tani (JUT) yang juga menjadi jalan sentra produksi.

"Selain perkebunan ini juga menghubungkan dengan persawahan penduduk sehingga yang menikmati sebagian besar warga Desa Wayhawang," tambahnya.

Saat ini pembangunan jembatan sudah siap dilaksanakan. Hal ini ditandai dengan titik nol pada Senin (29/4/2024). Titik nol dihadiri langsung Kades dan perangkatnya, BPD, PLD, Babinkamtibmas, Babinsa di desanya.

BACA JUGA:Kabar Baik untuk Pelajar, Pemkab Kaur Jalin Kerjasama Beasiswa Kuliah Poltekpar

"Jadi ini kawasan tebat besak. Bila sebelumnya motor hanya bisa sampai di pinggiran desa, kini dengan adanya pengupasan dan juga pembuatan jembatan maka disaat cuaca baik bisa melalui ke pinggir kebun," papar kades.

Dia menyebut pembangunan instruktur bukan hanya dilakukan di kawasan itu saja namun juga melirik kawasan objek wisata.

Tahun ini, berkat pembangunan dilakukan sejak tahun lalu, wahana bermain sudah tersedia termasuk kolam renang anak juga sudah beroperasi.

Sehingga saat ini Desa Wayhawang, selain terkenal objek wisata Batu Jung juga ada wahana lain yang juga menghasilkan pendapatan untuk pemasukan desa yang dikelola BUMDes desa setempat.

BACA JUGA:Dukung Program Stunting, Pemdes Air Batang Kaur Perbaiki Fasilitas Posyandu

"Tentu ini menciptakan lapangan pekerjaan kini objek wisata kita semakin ramai. Sementara pembangunan jalan ini memperlancar arus transportasi warga meningkatkan laju perekonomian," tutupnya. (jul)

Sumber: