Cara Mencari Arah Kiblat Online, Mudah dan Cepat Tanpa Aplikasi

Cara Mencari Arah Kiblat Online, Mudah dan Cepat Tanpa Aplikasi

Cara mencari arah kiblat -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Bingung saat akan shaolat karena tak tahu arah kiblat? Jangan khawatir! Sekarang, kita bisa menentukannya secara online tanpa perlu aplikasi khusus.

Mengetahui arah kiblat adalah hal penting bagi umat Islam. Di zaman teknologi seperti sekarang, kita bisa melakukan itu dengan mudah menggunakan perangkat yang selalu ada di genggaman kita.

BACA JUGA:Setelah Shalat Subuh Amalkan Amalan Sederhana Ini, Insha Allah Rezeki Melimpah

Pertama, coba gunakan kompas di ponsel pintarmu. Setiap ponsel modern biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi kompas.

Kamu hanya perlu membuka aplikasi kompas yang tersedia di ponselmu dan kamu bisa mengetahui arah kiblat dengan mudah. Pastikan saja kalibrasi kompas sudah tepat, terutama jika kamu berada di daerah dengan gangguan medan magnetik yang bisa memengaruhi akurasi kompas.

Teknologi kompas digital ini memberikan hasil yang akurat dan mudah digunakan. Kamu bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, sangat praktis saat berada di tempat yang mendesak atau tanpa akses internet.

BACA JUGA:Hukum Shalat Tanpa Mukena, Apakah Sah?

Berikut adalah cara praktis untuk menentukan arah kiblat secara online tanpa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa Anda terapkan dengan mudah:

1. Memanfaatkan Kompas di Ponsel Cerdas

Ponsel cerdas saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi kompas yang dapat digunakan untuk menentukan arah kiblat.

Anda dapat menggunakan aplikasi kompas yang sudah tersedia di ponsel Anda.

Pastikan untuk melakukan kalibrasi kompas dengan cermat agar hasilnya akurat, terutama jika Anda berada di area dengan medan magnetik yang kuat. Langkah-langkahnya sederhana yakni buka aplikasi kompas di ponsel Anda.

BACA JUGA:Setelah Shalat Baru Ingat Belum Mandi Junub, UAS Sarankan Lakukan Shalat Ini

Lakukan kalibrasi kompas untuk memastikan akurasi. Sesuaikan posisi ponsel hingga kompas menunjukkan arah kiblat yang benar, biasanya mengarah ke Ka'bah di Mekah.

2. Menggunakan Google Maps

Google Maps tidak hanya berfungsi sebagai alat navigasi, tetapi juga dapat digunakan untuk menentukan arah kiblat.

Dengan memasukkan lokasi Anda saat ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan petunjuk arah kiblat. Fitur kompas di Google Maps akan membantu Anda untuk memperoleh arah kiblat yang lebih tepat. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

- Buka aplikasi Google Maps di perangkat Anda.

BACA JUGA:6 Tanda Seseorang Sedang Shalat Bersama Setan, Diantaranya Pakai Wangi-wangian

Sumber: