Daftar Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?

Daftar Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?

Negara Penghasil kakau terbesar di dunia-Istimewa-Tangkapan Layar Youtube Petani melinial nusantara

RASELNEWS.COM - Saat ini petani kakau full senyum. Hal ini tidak lain harga biji kakau yang terus melambung yang diakibatkan oleh tingginya permintaan pasar gelobal.

Kenaikan harga kakao sebelumnya didorong dari buruknya panen sehingga menyebabkan terbatasnya pasokan kakao.

Keterbatasan pasokan ini justru terjadi di tengah lonjakan permintaan ke depan. Harga kakao diprediksi akan tetap melonjak hingga tahun depan, terutama di Peringatan Hari Raya Paskah 2025.

BACA JUGA:Usaha Pertanian Ini Sangat Menjanjikan di Desa, Panen per Pekan, Hasilnya Menggiurkan

Namun yang menjadi pertanyaan, negara apa saja penghasil kakao terbesar di dunia? Siapa negara terbaik dalam menghasilkan kakao berkualitas? Apakah ada Indonesia?

Selama ribuan tahun, biji kakao yang dihasilkan dari pohon kakao telah menjadi konsumsi favorit orang-orang di seluruh dunia.

Biji tersebut dikeringkan dan difermentasi untuk diolah menjadi produk coklat yang menjadi favorit banyak orang.

BACA JUGA:Indonesia Pernah Surplus Pangan, Bantu Korban Kelaparan di Afrika 100 Ribu Ton Gabah, Bukti Pertanian Indonesi

Meskipun Swiss, Belgia, dan Perancis terkenal dengan produksi coklat mereka, biji kakao sebenarnya tidak diproduksi di negara-negara tersebut.

Mayoritas negara penghasil coklat terbesar berasal dari benua Asia, Afrika, dan Amerika. Berikut beberapa negara penghasil kakao terbanyak di dunia:

1. Pantai Gading

Menurut laporan dari Organisasi Kakao Internasional, Pantai Gading memasuki daftar sebagai negara penghasil biji kakao terbesar di dunia.

BACA JUGA:Lima Dampak El Nino bagi Sektor Pertanian, Pemerintah Harus Siapkan Langkah Strategis

 

Sumber: