Miris, Total Pendaftar Panwascam Pilkada 2024 di Bengkulu Selatan Cuma Segini

Miris, Total Pendaftar Panwascam Pilkada 2024 di Bengkulu Selatan Cuma Segini

Jumlah pendaftar panwascam peserta baru untuk Pilkada Bengkulu Selatan-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pendaftaran seleksi anggota Panwascam Pilkada BENGKULU SELATAN 2024 untuk peserta baru resmi ditutup.

Total hanya 99 orang yang mendaftarkan diri ke Bawaslu. Jumlah ini sangat jauh jika dibandingkan di Pemilu 2024 yang mencapai 329 orang.

Sebanyak 99 orang tersebut berasal dari pendaftar 11 kecamatan. Dengan rincian Kecamatan Air Nipis 14 orang, Seginim 6 orang, Kedurang 3 orang, Kedurang Ilir 12 orang.

BACA JUGA:Duh...15 Peserta Calon Panwascam Existing di Pilkada Bengkulu Selatan Tak Lolos, Ini Dia Daftarnya

Kecamatan Bunga Mas 5 orang, Manna 12 orang, Kota Manna 9 orang, Pasar Manna 11 orang, Pino 3 orang, Ulu Manna 10 orang, Kecamatan Pino Raya 14 orang.

Turunnya minat pendaftar Panwascam ini tak lain karena teknis rekrutmen Panwascam itu sendiri. Sebabm Bawaslu lebih mengendepankan evaluasi terhadap Panwascam Pemilu 2024 yang disebut peserta existing.

Jika peserta existing di salah satu kecamatan ini dinyatakan tak lagi memenuhi syarat (TMS), barulah pendaftaran baru dibuka. Itupun hanya berlaku pada kecamatan tersebut.

BACA JUGA:Juknis Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024 Bikin Kecewa, Panwascam Pemilu 2024 Berpeluang Besar Duduk Kembali

Nah dari total 33 peserta existing, hanya 29 orang yang mendaftarkan diri kembali. Tetapi dalam penilaian hasil evaluasi kinerja yang digelar Senin, 29 April lalu, hanya 14 orang yang dinyatakan lulus. 

14 peserta existing ini berpeluang lulus. Artinya, dalam rekrutmen peserta baru, Bawaslu Bengkulu Selatan hanya butuh 19 orang lagi dengan kebutuhan berbeda-beda setiap kecamatan.

Misal, Kecamatan Air Nipis tidak ada satupun dari 3 peserta existing yang memenuhi syarat. Artinya, peluang peserta baru untuk lulus cukup terbuka.

BACA JUGA:Apa Tugas Utama PPK? Simak Kisi-kisi Soal CAT PPK Pilkada 2024 Lengkap Kunci Jawaban

Sedangkan Kecamatan Seginim sudah 2 orang peserta existing yang siap menunggu dan berpeluang duduk kembali. Kecamatan Pino Raya 1 orang, Pasar Manna 1 orang.

Kecamatan Manna 1 orang, Kota Manna 1 orang, Bunga Mas 2 orang, Kedurang 2 orang, Pino 2 orang, Kedurang Ilir 1 orang, dan Kecamatan Ulu Manna 1 peserta existing sudah menunggu. (and)

Sumber: