Desa Air Batang Kaur Terus Berbenah! Giliran Lampu Jalan Dipasang

Desa Air Batang Kaur Terus Berbenah! Giliran Lampu Jalan Dipasang

Pemasangan lampu jalan tenaga surya di Desa Air Batang Kabupaten Kaur Bengkulu-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Desa Air Batang Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur, Bengkulu terus berbenah. Berbagai pembangunan infrastruktur terus dilakukan oleh pihak pemerintah desa setempat.

Salah satunya tahun ini memasang 2 titik lampu jalan tenaga surya yang ditempatkan di fasilitas umum. Dua lampu jalan itu saat ini sudah menerangi kawasan fasilitas umum yakni masjid di desa setempat.

"Alhamdulillah manfaatnya sangat besar selain rumah ibadah yang dapat penerangan juga jalan lingkungan juga menjadi terang benderang," ujar Kades Air Batang Supendi kepada Raselnews.com, Jumat (17/5/2024).

BACA JUGA:100 titik Lampu Jalan di Kaur Rusak

Ia menuturkan pemasangan lampu jalan dengan total dana sebesar Rp 50 jutaan. Tentunya pembangunan fasilitas umum ini sudah melalui musyawarah desa yang sebelumnya salah satunya disepakati pembangunan dia titik lampu jalan tenaga surya.

"Masih banyak kebutuhan lampu jalan di desa kita, namun untuk tahun ini kita alokasikan dua unit terlebih dahulu mengingat masih banyak kebutuhan pembangunan yang perlu dilakukan," tambahnya.

BACA JUGA:Warga Ulu Babat Keluhkan Lampu Jalan

Air Batang sendiri merupakan desa yang bukan terletak di jalan lintas, sehingga dinilai belum masuk dalam prioritas pemerintah untuk pemasangan lampu jalan.

Melihat hal ini Pemdes mengalokasikan anggaran lampu jalan dari Dana Desa (DD) yang ada. Kades juga berharap pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Kaur juga dapat sedikit menyisihkan kuota bila memang nanti ada alokasi dana pemasangan lampu jalan.

BACA JUGA:Lampu Jalan Minim, Pemda Dinilai Tak Peduli

"Tentunya dengan adanya lampu jalan ini sangat membantu warga terutama pada malam hari, apalagi tenaga surya tidak terpengaruh dengan pemadaman listrik," tuturnya. (jul)

Sumber: