Bupati Gusnan Sebut Panwascam Terpilih Bukan Dipilih Bawaslu, Tapi…

Bupati Gusnan Sebut Panwascam Terpilih Bukan Dipilih Bawaslu, Tapi…

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi saat berbincang dengan Komisioner Bawaslu sesaat sebelum pelantikan Panwascam Sabtu, 25 Mei 2024-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Ketua Bawaslu BENGKULU SELATAN (BS), Sahran dan anggotanya, M Hasanuddin dan M Arif Hidayat resmi melantik dan mengambil sumpah 33 Panwaslu Kecamatan (Panwascam) terpilih untuk Pilkada 2024.

Yang menarik disimak, Bupati BENGKULU SELATAN, Gusnan Mulyadi dalam arahannya menegaskan jika 33 Panwascam terpilih bukanlah dipilih oleh Bawaslu. Dalam arahannya Gusnan menyebut Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, yang menghendaki.

BACA JUGA:PENGUMUMAN! Ini Nama Panitia Pemungutan Suara (PPS) Terpilih untuk Pilkada Bengkulu Selatan 2024

“Kalian orang-orang terpilih dan dikehendaki Allah. Saya yakin diantara kalian bisa bersaing dengan calon kandidat lainnya. Artinya kalian terpilih bukan karena dipilih oleh Bawaslu tapi Allah memerintahkan kalian ada di sini,” ujar Gusnan usai proses pelantikan yang digelar di Hotel Marina 2, Sabtu 25 Mei 2024,

Sebab itu, Bupati Gusnan mengimbau kepada Panwascam memiliki tanggungjawab secara penuh. Terlebih proses tahapan Pilkada sudah berjalan.

Meski acuan secara teknis yakni PKPU untuk Pilkada belum ada, namun secara garis besar semuanya sudah termaktum dalam UU yang ada dan turunan baik putusan MK maupun putusan teknis berupa peraturan pemerintah.

BACA JUGA:Apa Tugas dan Kewajiban Pengawas Kelurahan Desa? Berikut Kisi-kisi Soal Wawancara Pengawas Desa Pilkada 2024

“Kita juga kita berdoa, semoga banyak putra-putra  daerah baik yang ada di sini maupun yang ada dirantau untuk menjadi pasangan calon. Dengan begitu, masyarakat bisa memilih mereka yang betul-betul memiliki kemampuan intelektual dan emosional maupun yang lainnya,” pungkas Gusnan.

Pemerintah Daerah lanjut Gusnan pastinya sangat mendukung setiap penyelenggara Pemilu maupun Pilkada. Pemerintah pusat sampai daerah hingga kecamatan dan desa merupakan bagian dari struktur yang ikut menyukseskan pemilu baik Pileg dan Pilkada.

BACA JUGA:SAH! Ini Dia Panwascam Pilkada Bengkulu Selatan Terpilih, Besok Sabtu Dilantik

Dukungan itu salah satunya terkait anggaran. Pemda BS sendiri sudah sejak tahun lalu telah menganggarkan dana hibah Pilkada kepada Bawaslu dan KPU serta pengamanan.

Dana semuanya sudah tersedia tanpa ada hambatan dan menjadi bukti konkrit jika pemerintah mendukung penuh setiap pesta demokrasi khususnya di BS.

“Untuk itu, bagi kawan-kawan Panwascam untuk mulai bekerja. Tapi kami yakin, di Bengkulu Selatan, selama Pilkada ini secara langsung, tidak pernah ada gejolak.

BACA JUGA:Gaji PPK, PPS, KPPS dan Pantarlih Pilkada 2024, Berlaku se Indonesia

Carut marut itu ada di media sosial saja. Kalaupun ada gejola sedikit, itu biasa Di rumah tangga saja, perkara kopi bisa ada selisih. Apalagi berbangsa bernengara,” ungkap Gusnan. (and)

Sumber: