Wajib Tahu! Ini Durasi yang Ideal untuk Berjalan Kaki Guna Menurunkan Kolesterol Tinggi

Wajib Tahu! Ini Durasi yang Ideal untuk Berjalan Kaki Guna Menurunkan Kolesterol Tinggi

Durasi yang Ideal untuk Berjalan Kaki Guna Menurunkan Kolesterol Tinggi-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Salah satu cara efektif untuk mengurangi Kolesterol tinggi adalah dengan berolahraga, seperti berjalan kaki.

Hanya saja berapa lama berjalan kaki yang diperlukan? Hal ini wajib diketahui untuk memahami betapa pentingnya aktivitas fisik dalam mengendalikan kadar Kolesterol.

BACA JUGA:Meski Enak dan Nikmat, Sayuran Ini Baiknya Dihindari Penderita Kolesterol, Berikut Daftarnya

Berjalan kaki dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta membantu meningkatkan fungsi jantung, kesehatan pembuluh darah, dan mengontrol berat badan.

Durasi yang ideal untuk berjalan kaki guna menurunkan kolesterol tinggi bervariasi tergantung pada individu, intensitas berjalan kaki, dan faktor lainnya.

Secara umum, disarankan untuk melakukan aktivitas aerobik, termasuk berjalan kaki, minimal 150 menit per minggu. Ini dapat dibagi menjadi 30 menit setiap hari, lima hari seminggu.

BACA JUGA:5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Selain durasi, intensitas dan kecepatan berjalan kaki juga memengaruhi hasil yang dicapai dalam penurunan kolesterol.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, disarankan untuk berjalan kaki dengan intensitas sedang hingga keras. Ini berarti dapat berbicara tetapi tidak bisa bernyanyi saat berjalan. Pilihlah rute yang beragam, termasuk tanjakan dan turunan, untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.

Untuk hasil yang optimal dalam menurunkan kolesterol, penting untuk merencanakan program latihan yang sesuai dengan kondisi fisik dan kebutuhan pribadi Anda.

BACA JUGA:Favorit Warga +62! Nih Risiko Tersembunyi Makanan Berminyak Bagi Kesehatan, Mulai Kanker Hingga Kolesterol

Mulailah dengan tujuan yang realistis dan tingkat intensitas yang sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian tingkatkan secara bertahap durasi dan intensitas latihan Anda seiring waktu.

Berjalan kaki adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi kolesterol tinggi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai program latihan baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasari. (man)

Sumber: