Ibu Menyusui Tetap Boleh Minum Kopi Tapi Dibatasi, Ini Alasannya

Ibu Menyusui Tetap Boleh Minum Kopi Tapi Dibatasi, Ini Alasannya

batasan minum kopi bagi ibu menyusui-istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Ibu yang sedang menyusui dapat minum kopi dalam jumlah tertentu dengan aman. Alasannya mengingat kandungan kafein dalam kopi dapat mempengaruhi kualitas ASI dan kesehatan bayi, sehingga perlu diperhatikan batasannya.

Ibu menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan untuk menghindari dampak negatif.

Berdasarkan rekomendasi, ibu menyusui dapat minum kopi sekitar 2-3 cangkir per hari, yang setara dengan sekitar 300mg kafein.

BACA JUGA:Benarkah Minum Kopi Menyebabkan Perut Kembung? Simak Penjelasan Ahli

Kafein juga ditemukan dalam teh, dan konsumsi harian yang dianjurkan adalah 3-4 cangkir.

Kafein dapat mempengaruhi bayi karena proses metabolismenya yang lambat. Oleh karena itu, sebaiknya ibu menyusui membatasi konsumsi kopi agar tidak mempengaruhi kesehatan bayi secara negatif.

Setelah mengonsumsi kopi, disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi setelah 1-3 jam untuk meminimalkan paparan kafein yang tinggi.

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan dampak buruk seperti kecemasan, peningkatan detak jantung, gelisah, dan gangguan tidur pada ibu menyusui.

BACA JUGA:Apa yang Terjadi Jika Minum Kopi Setiap Hari?

Kafein juga bersifat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi, yang perlu diwaspadai karena dapat mempengaruhi produksi ASI dan kesehatan ibu serta bayi.

Dalam kesimpulannya, ibu menyusui dianjurkan untuk membatasi konsumsi kopi sekitar 3-4 cangkir per hari atau sekitar 300 mg kafein untuk menghindari dampak negatif pada kesehatan mereka dan bayi mereka. (and)

Sumber: