Waspada Cacingan pada Kucing! Begini Cara Memberi Obat Cacing dan Dosis yang Tepat Pada Kucing

Waspada Cacingan pada Kucing! Begini Cara Memberi Obat Cacing dan Dosis yang Tepat Pada Kucing

cara memberi obat cacing pada kucing-istimewa-freepik.com

BACA JUGA:Apa Hukum Jual Beli Kucing Dalam Islam? Ini Pendapat Mayoritas Ulama

Dosis pemberian obat cacing pada kucing 

Bagi anak kucing usia 2 minggu hingga 3 bulan, berikan 0,5 tablet obat cacing setiap 2 minggu sekali.

Untuk anak kucing usia 3 sampai 6 bulan, perlu diberi obat cacing sebulan sekali. Sedangkan untuk kucing dewasa berusia lebih dari 6 bulan, harus diberi obat cacing 1 tablet setiap 3 bulan sekali.

Salah satu obat cacing yang bisa diberikan pada kucing adalah Drontal Allwormer. Obat ini bisa digunakan untuk kucing dewasa dan anak kucing.

Satu tablet bisa diberikan pada kucing dengan berat 2-4 kilogram, atau satu tablet untuk kucing dengan berat 6 kilogram.

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Kucing Minum di Toilet, Cat Lover Wajib Tahu Nih

Penting dipahami jika frekuensi pengobatan cacing yang tepat pada kucing tergantung pada kemungkinan paparan cacing pita.

Misalnya, apakah kucing Anda memiliki kutu atau aktif berburu. Semakin aktif berburu, maka harus rutin diberikan obat cacing setiap 3 bulan sekali untuk kucing dewasa.

Jika kucing terserang kutu, perlu diobati guna menghentikan infeksi cacing. Kehati-hatian sangatlah penting dalam mengobati cacing pada kucing.

Ikuti dosis yang dianjurkan karena jika kucing diberi dosis yang lebih tinggi dari yang seharusnya, hal itu dapat membahayakan nyawanya.

BACA JUGA:Baru Tahu? 5 Perilaku Kucing Ini Menjadi Tanda Pemiliknya akan Mendapatkan Rezeki Besar dan Halal

Sebab kucing bisa tertular cacing pita dengan menelan kutu yang terinfeksi, pengendalian kutu di rumah juga sangat penting. (and)

Sumber: