Beraksi di Siang Bolong, Pencuri TBS Kelapa Sawit di Seluma Babak Belur Dihajar Massa

Beraksi di Siang Bolong, Pencuri TBS Kelapa Sawit di Seluma Babak Belur Dihajar Massa

Warga Seluma mengamankan motor terduga pencuri kelapa sawit Sabtu, 29 Juni 2024-istimewa-rbtv.disway.id

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Seorang pria berinisial DS (39), warga Desa Talang Tinggi, Kecamatan Seluma Barat, Kabupaten Seluma, BENGKULU babak belur dihajar massa.

DS nyaris tewas setelah tertangkap basah mencuri tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di perkebunan masyarakat di Desa Purbosari Kecamatan Seluma Barat.

DS bersama belasan pelaku lainnya beraksi pada Sabtu, 29 Juni 2024. Mereka nekat mencuri TBS sawit milik warga disiang bolong.

BACA JUGA:Sedih! Motor Guru Ngaji di Bengkulu Selatan Digasak Pencuri di Masjid

Selain berhasil mengamankan satu orang pelaku, warga juga mengamankan barang bukti berupa 2 unit sepeda motor ojek miiik pelaku dan alat panen TBS kelapa sawit berupa egrek serta galah fibernya.

Kronologis penangkapan pencuri TBS kelapa sawit itu berkat kekompakan petani sawit setempat untuk mengepung kawanan pelaku yang sedang menjalankan aksinya.

Namun dari belasan pelaku yang dipergoki, hanya satu orang yang ditangkap. Tak ayal, DS pun menjadi bulan-bulanan warga yang kesal dengan ulahnya itu.

BACA JUGA:Pencuri Bensin Eceran Kena Prank, Taktik Pedagang Bikin Pelaku Gigit Jari

Dari keterangan Ahmad Bisri salah seorang petani sawit warga Desa Purbosari, terduga pelaku berinisial DS itu tertangkap tangan sedang beraksi mencuri TBS, kemudian menjadi bulan-bulanan para petani kelapa sawit setempat.

"Petani di Desa Purbosari ini sudah lama resah. Pencuri ini sudah terang-terangan siang hari beraksi mencuri kelapa sawit. Kadang sehari pencuri itu sampai dua kali masuk ke kebun kelapa sawit warga untuk mencuri TBS,” terang Ahmad Bisri seperti dikutip rbtv.disway.id.

Setelah menjadi bulan-bulanan warga, pelaku beserta barang bukti kemudian digelandang ke Polsek Seluma untuk dapat diproses lebih lanjut.

BACA JUGA:Nekat, Kasir Perempuan Minimarket Coba Gagalkan Aksi Pencurian, Tarik Hingga Terseret Motor Pelaku

Dihadapan penyidik, terduga pelaku mengaku baru memetik enam TBS milik warga Desa Purbosari dengan alat egrek yang ia bawa dari rumah.

"Baru 6 TBS yang saya ambil pak, kalau TBS lainnya kemungkinan pelaku lainnya pak,” ujar DS sembari meringis kesakitan usai dihajar massa.

Kanit Reskrim Polsek Seluma Ipda. A. Simanjuntak menegaskan pihaknya masih akan mengembangkan lebih lanjut dari satu pelaku yang berhasil diamankan warga ini.

Menurut keterangan pelaku yang sudah diamankan, masih ada sekitar 12 pelaku lainnya yang masih berkeliaran.

BACA JUGA:Pencuri Sepeda Motor di Bengkulu Selatan Dihadiahi Timah Panas, Seperti Ini Kronologisnya

Untuk sementara ini satu pelaku yang sudah diamankan ini kita mintai keterangannya dulu ya, karena menurut pelaku berinisial DS ini masih ada 12 pelaku lainnya yang sering beraksi mencuri TBS di kebun masyarakat setempat,” tutur Ipda. A. Simanjuntak

Sementara itu, sejumlah saksi, terutama pemilik kebun kelapa sawit yang sering menjadi korban pencurian, tak luput dimintai keterangan secara bergantian oleh penyidik Unit Reskrim Polsek Seluma dalam menindaklanjuti perkara ini.

Maraknya pencurian TBS kelapa sawit saat ini, lantaran harga TBS kelapa sawit yang terus merangka naik Rp 2.500 per kg di seluruh pabrik CPO yang ada di Kabupaten Seluma. (yoh)

Sumber: