5 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Tekanan Darah Rendah

5 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Tekanan Darah Rendah

cara mengatasi darah rendah dengan mudah--freepik.com

RASELNEWS.COM - Jika Anda sering merasa pusing, lemas, atau sakit kepala, mungkin Anda mengalami tekanan darah rendah. Berikut ini tips dan cara mudah dan ampuh mengatasi darah rendah yang bisa Anda lakukan.

Darah rendah merupakan kondisi ketika tekanan darah berada di bawah batas normal, bahkan kurang dari 90 mmHg. Jika gejala ini muncul, tentu jangan diabaikan.

Normalnya tekanan darah seseorang berada di kisaran 120/80 mmHg. Jika tekanan darahmu turun hingga kurang dari 90/60 mmHg, maka Anda mengalami darah rendah atau hipotensi.

BACA JUGA:6 Manfaat Minum Air Bekas Rebusan Jagung, Baik untuk Kecantikan Hingga Kesehatan Jantung

BACA JUGA:7 Manfaat Makan Pisang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh yang Sering Kita Abaikan

Banyak faktor yang bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Mulai dari dehidrasi, alergi, perdarahan, kekurangan nutrisi, infeksi, penyakit jantung, penyakit tiroid, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Pada beberapa wanita, kehamilan juga bisa menyebabkan darah rendah.

Selain itu, darah rendah juga bisa dipicu oleh perubahan posisi yang terlalu mendadak, seperti bangkit dari duduk atau berbaring ke berdiri dengan cepat.

Gejala darah rendah bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tetapi umumnya meliputi pusing, sakit kepala, mual, muntah, konsentrasi menurun, pandangan buram, lemas, kehilangan keseimbangan, sesak napas, bahkan pingsan.

Untuk memastikan, segera cek tensi darah Anda. Sebaiknya, cek tensi darahmu bersama dokter agar bisa mendapatkan diagnosis yang tepat dan penanganan yang benar.

BACA JUGA:Cara Mengolah Nanas yang Baik dan Benar untuk Kesehatan, Jangan Direndam di Air Garam Ya!

BACA JUGA:Hasil Studi! Menunda Bangun Tidur Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh, Ini Alasannya

Untuk membantu Anda mengatasi darah rendah, berikut 5 cara mudah dan ampuh.

1. Perhatikan Posisi Tubuhmu

Darah rendah bisa dipicu oleh perubahan posisi yang mendadak, kondisi ini dikenal sebagai hipotensi ortostatik. Jika gejala darah rendah muncul saat Anda berubah posisi secara tiba-tiba, coba perhatikan perubahan posisi tubuhmu.

Misalnya, saat bangun tidur jangan langsung berdiri, tapi berbaring dulu beberapa menit, kemudian duduk perlahan, baru berdiri secara pelan-pelan.

Saat duduk atau beraktivitas, jika gejala muncul, coba silangkan kaki secara perlahan. Perubahan posisi ini bisa membantu aliran darah dari kaki ke jantung dan mengurangi gejala darah rendah.

BACA JUGA:5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Rambut yang Jarang Diketahui! Ini Cara Gunakannya!

Sumber: