Bukan Perkara Sopir, Ini 9 Penyebab Mobil Sulit Menanjak! Fortuner dan Pajero Juga Bakal Keok

Bukan Perkara Sopir, Ini 9 Penyebab Mobil Sulit Menanjak! Fortuner dan Pajero Juga Bakal Keok

9 Penyebab Mobil Sulit Menanjak--raselnews.com

RASELNEWS.COM - Sopir memiliki peranan penting saat berkendara. Kenyamanan penumpang ada di tangan sang Sopir.

Hanya saja saat berkendara, tidak selalu jalan yang kita lalui mulus dan rata. Kadang-kadang, menghadapi jalanan becek, berbatu, atau bahkan tanjakan curam.

Jika sopir maupun mobil yang dikendarai tidak siap, risiko mundur ke bawah menjadi nyata dan sangat berbahaya bagi penumpang maupun orang di sekitar. Tak terkecuali Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero sekalipun.

Beberapa tanjakan terkenal seperti Sitinjau Lauik dan Kelok 44 di Sumatera Barat, Tanjakan Dini di Sukabumi, Tanjakan Krumput di Pagelaran Banyumas, Tanjakan Lembang, dan banyak lagi, sering membuat mobil kesulitan menanjak


9 Penyebab Mobil Sulit Menanjak--raselnews.com

Selain pengalaman sopir, adalah 9 penyebab mobil sering kesulitan menanjak:

1. Saringan Udara Kotor

Ketika melintasi tanjakan curam, mesin membutuhkan lebih banyak udara agar pembakaran lebih efisien. Jika saringan udara kotor, aliran udara terhambat, menyebabkan mobil kesulitan menanjak. Pastikan saringan udara bersih sebelum perjalanan jauh.

2. AC Mobil Menyala

AC bekerja melalui kompresor yang membebani mesin, terutama saat menanjak. Disarankan untuk mematikan AC saat melintasi tanjakan curam agar mesin bisa bekerja lebih maksimal.

3. Saringan Minyak Kotor

Saringan minyak yang kotor dapat menghambat aliran bahan bakar ke ruang pembakaran, membuat mobil kehilangan tenaga, terutama saat menanjak. Penggantian saringan minyak secara rutin penting untuk menjaga performa mesin.

4. Salah Menggunakan Transmisi Otomatis

Pada mobil matic, pengoperasian transmisi yang tidak tepat dapat menyebabkan mobil kehilangan daya saat menanjak. Pastikan untuk menggunakan gigi yang sesuai, seperti D3, 2, atau L, tergantung tingkat kecuraman tanjakan.

5. Kanvas Kopling Tipis

Pada mobil manual, kanvas kopling yang sudah tipis dapat menyebabkan putaran mesin tidak diteruskan secara maksimal ke roda, membuat mobil sulit menanjak. Memeriksa ketebalan kanvas kopling secara rutin adalah hal penting untuk keselamatan berkendara.


9 Penyebab Mobil Sulit Menanjak--raselnews.com

6. Gagal Memanfaatkan Momentum

Saat melintasi jalanan menurun sebelum tanjakan, penting untuk memanfaatkan kecepatan sebagai dorongan. Kehilangan momentum ini bisa membuat mesin bekerja lebih keras saat menanjak, sehingga lebih sulit untuk dilewati.

7. Mobil Tanpa Fitur Traction Control

Traction Control sangat membantu mobil saat melintasi jalan curam dan licin. Sistem ini mengatur putaran ban dan rem secara otomatis untuk meningkatkan cengkraman ban ke jalan. Mobil modern dengan fitur ini lebih handal saat menghadapi tanjakan licin.

8. Profil Ban Tidak Tepat

Penggunaan velg berukuran besar sering kali mengorbankan ketebalan ban, yang berdampak buruk pada traksi ban di jalanan. Ban tipis lebih rentan spinning di tanjakan, jadi sebaiknya gunakan ban dengan profil standar saat bepergian jauh.

Sumber: