Jerawat Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya, Jangan Konsumsi Obat Jenis Ini

Jerawat Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya, Jangan Konsumsi Obat Jenis Ini

Jerawat Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya, Jangan Konsumsi Obat Jenis Ini --freepik.com

RASELNEWS.COM - Mengalami jerawat saat hamil, terutama pada trimester pertama, memang bisa membuat cemas.

Bunda tentu tidak bisa sembarangan menggunakan skincare atau solusi jerawat seperti biasanya karena bisa mempengaruhi kesehatan janin. 

Karena itu ada beberapa obat yang harus dihindari. Ada cara mengatasinya yang ampuh dan tetap aman untuk ibu hamil. Sebelum itu, mari kita pahami dulu penyebab jerawat saat hamil!

BACA JUGA:Pepaya Muda Berisiko Bila Dikonsumsi Ibu Hamil, Bagaimana Pepaya Matang?

BACA JUGA:Tragis! Pasutri di Musi Rawas Diserang 15 Ekor Gajah, Istri yang Sedang Hamil 5 Bulan Tewas

Saat hamil, terjadi peningkatan hormon androgen dalam tubuh perempuan. Hormon ini merangsang produksi minyak atau sebum yang berlebihan di kulit.

Ketika sebum bercampur dengan sel kulit mati, kotoran, dan bakteri, pori-pori bisa tersumbat sehingga memicu munculnya jerawat.

Pada dasarnya, jerawat saat hamil adalah hal yang wajar dan tidak terhindarkan. Namun, dengan menjaga kebersihan dan pola makan, jerawat dapat dikendalikan.

BACA JUGA:Kesalahan Ibu Hamil Saat Menyentuh Perut, Hindari Melakukan Ini Ya Bunda!

BACA JUGA:5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memudahkan Ibu Hamil Saat Persalinan, Jangan Lupa Buah Kurma

Cara Mengatasi Jerawat yang Aman untuk Ibu Hamil

Banyak produk skincare yang mengklaim aman untuk meredakan jerawat. Namun, perlu diingat bahwa beberapa obat jerawat dapat mempengaruhi kesehatan janin, terutama di awal kehamilan.

Ibu hamil masih bisa menggunakan beberapa obat jerawat topikal seperti azelaic acid, eritromisin, benzoyl peroxide, clindamycin, dan glycolic acid.

Namun, karena obat-obatan ini tergolong kuat, penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Jadi, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat apapun selama hamil.

BACA JUGA:Nyeri Perut Bagian Bawah Saat Hamil, Hati-hati! Ini Tanda Bahayanya

BACA JUGA:Tanda Ibu Hamil Mengandung Anak Laki-laki, Mitos atau Fakta?

Obat Jerawat yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Karena sifatnya yang dapat membahayakan janin, ada beberapa jenis obat jerawat yang sebaiknya dihindari selama kehamilan, khususnya pada trimester awal. Beberapa di antaranya adalah:

1. Isotretinoin atau retinoid

Dikenal juga dengan nama retinol, retinal, atau adapalene. Obat ini sangat efektif mengatasi jerawat, namun berisiko tinggi menyebabkan cacat lahir.

Sumber: