Beternak Ayam Kampung atau Ayam Ras! Mana yang Menguntungkan

Beternak Ayam Kampung atau Ayam Ras! Mana yang Menguntungkan

Ayam kampung-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Mana yang menguntungkan? Apakah beternak ayam kampung atau ayam ras? Sebelum menjawab itu semua, baiknya Anda harus mengetahui dahulu perbedaan kedua ayam ini secara lengkap.

Mulai dari cara pemeliharaan, cita rasa, hingga nilai gizinya. Pasti banyak dari kalian yang penasaran, mana yang lebih baik antara ayam kampung dan ayam ras?

Jika sudah tahu cara pemeliharaan, Anda yang ingin memulai beternak akan mengetahui mana yang lebih berpeluang menguntungkan. 

BACA JUGA:Mau Simpan Daging Ayam Matang di Kulkas? Ikuti Langkah Ini, Dijamin Tidak Bau dan Busuk

BACA JUGA:5 Panci Presto Ini Bikin Kantong Ibu Rumah Tangga Tebal! Gas Hemat, Tulang Ayam Cepat Lunak

Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Ras


Ayam ras-istimewa-raselnews.com

Ayam kampung adalah ayam lokal yang dipelihara secara tradisional, biasanya di desa-desa. Ayam kampung memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan umumnya dipelihara secara bebas dengan pakan alami.

Sedangkan ayam ras, atau dikenal juga sebagai ayam broiler dan ayam petelur, adalah hasil persilangan yang dirancang untuk produksi daging atau telur dalam jumlah besar. Mereka dipelihara secara intensif di peternakan dengan pakan yang sudah diatur.

BACA JUGA:Arena Sabung Ayam di Muara Maras Seluma Digerebek, Polisi Letuskan Tembakan

BACA JUGA: Tinggi Kolagen! Ini 7 Manfaat Makan Ceker Ayam Bagi Kesehatan, No 1 Bikin Wanita Senang

Salah satu perbedaan utama antara ayam kampung dan ayam ras adalah cara pemeliharaannya. Ayam kampung dipelihara secara alami dan sering dibiarkan bebas berkeliaran di halaman atau kebun.

Makanan mereka biasanya berasal dari sisa-sisa makanan rumah tangga, biji-bijian, atau serangga yang ditemukan di sekitar lingkungan mereka.

Pertumbuhannya lebih lambat, membutuhkan waktu 4 sampai 6 bulan sebelum siap dipotong. Sementara ayam ras dipelihara dalam kandang dengan kontrol ketat untuk memastikan pertumbuhan yang cepat.

BACA JUGA:Manfaat dan Cara Pakai Kuning Telur Ayam untuk Perawatan Wajah, Jerawat Hilang Muka Makin Glowing

Sumber: