Awal Januari, Tahapan Pilkades Serentak di Seluma Dimulai

Awal Januari, Tahapan Pilkades Serentak di Seluma Dimulai

Ilustrasi pilkades-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Rencana pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 60 desa di Kabupaten Seluma mulai dibahas.

Rencananya awal Januari tahun depan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) sudah mulai masuk ke tahapan.

"Saat ini masih dalam proses pembahasan. Proses tahapan kami agendakan akan dimulai pada Januari mendatang," kata Kepala DPMD Seluma, Nopetri Elmanto. Pilkades serentak tahun 2023 akan di ikuti 60 desa yang  tersebar di 14 kecamatan. Terbanyak di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) yakni 9 desa.

Sedangkan berakhirnya masa jabatan kepala desa di 60 desa tersebut tidak serentak. Desa yang masa jabatan kadesnya sudah berakhir, sementara waktu akan dipimpin pejabat sementara dari pegawai kantor kecamatan.

BACA JUGA:Pilkades Serentak 2023, Digelar di 13 Desa

"Jika masa jabatannya sudah habis, nanti akan dijabat oleh Pjs. Sembari menunggu pelaksanaan Pilkades digelar," terangnya.

Kecamatan Sukaraja yang akan menggelar pilkades yakni Desa Cahaya Negeri, Riak Siabun, Bukit Peninjau II dan Desa Air Kemuning. Kecamatan Air Periukan yakni Desa Suka Maju, Taba Lubuk Puding, Lubuk Gilang, Talang Sebaris dan Desa Lokasi Baru.

Kecamatan Lubuk Sandi yakni Desa Tanjung Kuaw, Talang Kebun, Dusun Tengah, Talang Giring, Sakaian dan Desa Lubuk Betung. Kecamatan Seluma Barat yakni Desa Pagar Agung, Talang Tinggi dan Desa Sengkuang Jaya.

Wilayah Kecamatan Seluma Timur yakni Desa Kota Agung, Talang Sali dan Desa Tenangan. Kecamatan Seluma Utara yakni Desa Selinsingan, Pandan, Lubuk Resam, Talang Empat dan Desa Sinar Pagi.

BACA JUGA:3 Opsi untuk Pilkades Sinar Pagi Kabupaten Kaur

Kecamatan Seluma Selatan yakni Desa Pasar Seluma dan Desa Padang Merbau. Kecamatan Talo yakni Desa Napal Melintang, Simpang Tiga Pagar Gasing, Kampai dan Desa Muara Danau. Kecamatan Talo Kecil yakni Desa Sungai Petai, Lubuk Lagan, Suka Merindu dan Desa Tebat Sibun. Kecamatan Ulu Talo yakni Desa Hargo Binangun, Simpur Ijang, Pagar Agung, Tanjung Agung dan Batu Kencana.

Kecamatan Ilir Talo yakni Desa Paluwa Terap, Mekar Sari dan Desa Marga Sari. Kecamatan Semidang Alas (SA) yakni Desa Air Melancar, Nanti Agung, Napalan, Kemang Manis, Gunung Megang, Telatan dan Desa Suban.

Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) yakni Desa Jembat Akar, Maras Tengah, Talang Alai, Talang Anyar, Talang Kemang, Mars Bantan, Rimbo Besar, Serian Bandung dan Desa Muara Timput. (rwf)

Sumber: kepala dpmd seluma