Jelang Pemilu 2024 Disdukcapil Bengkulu Selatan Fokus Rekam Data Pemilih Pemula

Jelang Pemilu 2024 Disdukcapil Bengkulu Selatan Fokus Rekam Data Pemilih Pemula

SERAHKAN : Kepala Dinas Dukcapil bengkulu Selatan serahkan data adminisitrasi kependudukan saat pelayanan jemput bola di desa-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM -  Menjelang Pemilihan Pemum tahun 2024 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkulu Selatan fokus merekam data kependudukan pemilih pemula. Sasarannya adalah pelajar atau pemuda yang berusia 16 - 17 tahun.

Tujuannya adalah untuk melengkapi data pemilih pemula pemilu 2024. Para pelajar atau pemuda yang genap berusia 17 tahun saat Pemilu 2024 diupayakan bisa menyalutrkan hak pilihnya sebagai pemilih pemula pada pemilu 2024 mendatang, setelah data mereka terekam di Sistem Adminsistrasi Kependudukan.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan Butuh 586 Pantarlih Pemilu 2024, Cek Syarat dan Jadwal Perekrutan

Jumlah pemuda atau remaja usia wajib KTP di Bengkulu Selatan cukup banyak bahkan ada ribuan. “Kami tahun 2023 ini tetap akan terus melakukan pelayanan rekam data administrasi kependudukan khususnya untuk pemuda dan kaum pelajar yang masuk daftar pemilih pemula.

Perekaman data ini bisa dilakukan dengan pelayanan ke desa melalui program jemput bola pada kegiatan Bujia’an Dusun ataupun ke sekolah-sekolah,” kata Kepala Diskducapil BS, Lismanto Bayu SE.

BACA JUGA:Pino Raya Ditetapkan Sebagai Kecamatan Paling Tertib Adminduk se Provinsi Bengkulu

Dikatakan Bayu, bagi remaja yang usianya belum genap 17 tahun, baru dilakukan perekaman data saja. Nanti setelah usianya genap 17 tahun atau wajib KTP baru kartu tanda penduduknya dicetak dan diberikan. Sedangkan mereka yang sudah cukup usia, usai direkam data KTPnya langsung diterbitkan.

Diketahui saat ini tahapan pemilu 2024 di Kabupaten Bengkulu Selatan sudah berjalan. Pihak penyelenggara, Komisi Pemilihan Umum Bengkulu Selatan sudah selesai merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Tinggal menunggu jadwal pelantikan.

BACA JUGA:Dokumen Adminduk Digital Tak Perlu Lagi Dilegalisir

Kemudian perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) saat ini sedang berjalan. Tahap pendaftaran secara online melalui SIAKBA KPU sudah ditutup oleh KPU Bengkulu Selatan sejak tanggal 30 Desember 2022. Tahapan selanjutnya pemeriksaan kelengkapan berkas fisik pendaftar.

Begitu juga dengan Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkulu Selatan, sudah merekrut Panwascam. (one)

Sumber: kepala dinasdukcapil bengkulu selatan