Libatkan Pihak Ketiga, Wujudkan Layanan 112 di Bengkulu Selatan

Selasa 02-08-2022,14:20 WIB
Reporter : admin53radarselatan
Editor : admin53radarselatan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dalam waktu dekat, layanan panggilan darurat 112 akan segera hadir di Kabupaten Bengkulu Selatan. Bahkan pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai OPD teknis saat ini tengah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan termasuk dalam menggandeng pihak provider penyediaan layanan tersebut.

Rencananya, untuk penyediaan jasa pelayanan pihak Diskominfo BS akan bekerjasama dengan pihak ketiga yakni PT.Jasnita Telekomindo, Tbk.

Wakil Bupati (Wabup) BS, H.Rifa'i Tajuddin bersama Kepala Dinas Kominfo Ir. Susmanto, MM dan beberapa OPD serta instansi terkait telah melaksanakan audiensi langsung terkait kesiapan layanan siaga 112 di Kabupaten Bengkulu Selatan bersama PT Jasnita Telekomindo, Tbk secara virtual di ruang meeting zoom Dinas Kominfo BS.

Pihak PT Jasnita Telekomindo memberikan presentasi terkait dengan penawaran mereka untuk menjadi mitra Bengkulu Selatan dalam mewujudkan layanan darurat 112 ini. Diluncurkannya layanan darurat tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat terutama dalam hal kegawatdaruratan.

BACA JUGA:Prioritaskan Program Konektivitas di Bengkulu

“Panggilan layanan darurat 112 merupakan layanan panggilan bebas pulsa yang dikhususkan untuk layanan gawat darurat, sehingga masyarakat dapat melaporkan keadaan gawat darurat selama 24 jam nantinya,” terang Wabup.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo BS, Ir. Susmanto, MM mengatakan saat ini progress kesiapan pelaksanaan launching telah sampai pada proses dibentuknya regulasi (Peraturan Bupati dan turunannya), juga tahap koordinasi dengan Kementerian Kominfo untuk pembukaan akses 112. Diupayakan jika semua sudah siap maka dalam waktu dekat atau pada bulan Agustus ini sudah bisa dialunching secara resmi.

“Saat ini kami telah melakukan proses menuju launching, kita telah selesaikan tahap regulasi yang berkaitan dengan Perbub dan turunannya, dan kita masih menunggu konfirmasi dari Kementerian Kominfo terkait usulan kita beberapa waktu yang lalu untuk pembukaan akses 112,” kata Susmanto.

Untuk mendukung pelaksanaan layanan 112 ini, lanjut Susmanto, Dinas Kominfo Bengkulu Selatan akan menggandeng pihak luar dalam pengelolaan layanan siaga gawat darurat ini. Dan direncanakan minggu depan akan dilakukan pembahasan lebih detil dengan OPD terkait termasuk dalam hal penganggarannya. (one)

Kategori :