Buji'an Dusun Dimanfaatkan Masyarakat untuk Urus Adminduk

Jumat 18-11-2022,14:23 WIB
Reporter : admin53radarselatan
Editor : admin53radarselatan

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Program Bupati Injiak Ngantor di Dusun/Desa (Buji'an Dusun) benar benar dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Bengkulu Selatan.

Khususnya pelayanan dokumen Administrasi Kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bengkulu Selatan yang selalu membuka pos pelayanan di desa yang dikunjungi bupati selalu diserbu masyarakat.

Berbagai macam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dilakukan. Masyarakat bisa merasakan pelayanan langsung dan dokumen yang dibutuhkan langsung jadi.

Seperti yang terjadi saat Program Buji'an Dusun dilaksanakan di Desa Babatan Ilir Kecamatan Seginim, Kamis (17/11).

BACA JUGA:Buji'akan Dusun: Bupati Bengkulu Selatan Nginap di Muara Danau

Tercatat 95 dokumen kependudukan atau pelayanan yang diterbitkan pihak Disudkcapil Bengkulu Selatan. Terdiri dari 24 penerbitan akte kelahiran, 12 perekaman KTP elektronik, 37 perbaikan KTP elektronik, 24 penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dan 22 penerbitan Kartu Keluarga (KK).

“Pelayanan langsung ini akan terus kami lakukan terutama dalam upaya mendukung program bupati dengan konsep Bupati Ngantor di Desa,” ujar Kepala Disdukcapil Bengkulu Selatan, Lismanto Bayu SE.

Dikatakan Bayu, hanya saja pihaknya dalam setiap kali mmeberikan pelayanan sering terkendala sinyal kurang baik, dan fasilitas masih terbatas.

Termasuk, setiap proses pelayanan tidak bisa cepat, lantaran data harus dikirim terlebih dahulu ke server SIAK Dirjen Dukcapil Kemendagri.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Raih Opini WTP, Bupati Pastikan Anggaran Terserap Secara Baik

“Memang sebagian dokumen bisa kami terbitkan langsung, seperti perbaikan KTP, penerbitan atau pebaikan KK sepanjang jaringan internet tidak gangguan, tetapi kalau rekam data baru untuk KTP, prosesnya belum bisa langsung karena data harus dikirim dulu ke pusat,” terang Bayu.

Selain pelayanan Dinas Dukcapil, pelayanan Dinas Kesehatan juga diminati. Masyarakat datang ke posko Dinas Kesehatan untuk mengecek kondisi kesehatan tubuh sekaligus mendapatkan pelayanan pengobatan. (one)

Kategori :