Ular Piton 3 Meter Masuk Kandang Ayam

Selasa 29-11-2022,11:45 WIB
Reporter : admin53radarselatan
Editor : admin53radarselatan

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Aksi heroik tim rescue bidang damkar Dinas Satpol PP dan damkar BS kembali ditunjukkan dalam evakuasi ular piton berukuran besar yang masuk dalam kandang ayam warga Desa Gunung Megang Kelurahan Padang Burnai Kecamatan Bunga Mas, Senin (28/11/2022) sekitar pukul 12.30 WIB.

Ular piton sanca kembang atau lebih dikenal dengan ular sawah ini memasuki kandang ayam potong milik Wiwin Librianto (40) warga setempat.

BACA JUGA:Honor Petugas Kebersihan Tak Naik

Saat ditangkap, kondisi ular sedang bergelung di bawah terpal lantai kandang ayam dan diduga sedang mengintai ayam potong.

“Kami menduga ular tersebut sedang kelaparan. Ini terlihat dari aktifitas ular yang sangat agresif dan cenderung menyerang saat petugas ingin melakukan evakuasi,” ujar Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos.

Saat evakuasi berlangsung, Erwin mengaku timnya sempat kesulitan menangkap ular phiton berukuran besar tersebut.

BACA JUGA:Tak Aktif Awasi Stunting, Pencarian DD Ditunda

Hal ini lantaran badan dan kepala ular masuk ke bawah terpal lantai kandang ayam.

Sementara jika petugas ingin mengambil dari bagian atas, kandang ayam masih dipenuhi oleh ayam potong.

“Ular baru bisa ditangkap setelah petugas memancing ular untuk keluar dari terpal. Petugas langsung menangkap bagian kepala ular dan memasukkannya ke dalam karung,” beber Erwin.

Setelah ditangkap, ular tersebut di bawa ke kawasan yang jauh dari pemukiman warga untuk dilepas kembali.

BACA JUGA:Irigasi Rusak, Puluhan Hektar Sawah Kekeringan

Pemilik kandang ayam diarahkan untuk selalu mengecek bagian kandang dan tidak melakukan upaya pembunuhan jika mendapati ular atau hewan liar berada di dekat kandang.

“Setelah proses evakuasi berjalan dan pembinaan selesai bagi pemilik kandang, tim kami langsung kembali ke pos,” pungkas Erwin. (rzn)

Kategori :