2 Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Bengkulu Selatan

Minggu 04-12-2022,16:40 WIB
Reporter : admin53radarselatan
Editor : admin53radarselatan

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dua Bunga Rafflesia Bengkuluensis mekar sempurna di Desa Kayu Ajaran Kecamatan Ulu Manna, Kamis (1/12). Bunga raksasa dengan lima kelopak ini tumbuh di dekat wisata Air Terjun Luguran.

Pemerintah Desa (Pemdes) Kayu Ajaran telah memasang pagar pengaman agar bunga ini tidak dirusak. Sementara warga yang berkunjung, tetap diperbolehkan berswafoto maupun melihat lebih dekat keindahan bunga tersebut.

BACA JUGA:Perusak Habitat Bunga Rafflesia Minta Maaf

“Yang mekar sempurna itu ada dua bunga. Sementara untuk bonggol yang baru akan mekar sekitar enam bonggol. Letak semua bonggol ini berdekatan dan kami taksir akan mekar dalam beberapa hari ini,” ujar Okhry Rogesko (30) salah seorang pengunjung di lokasi mekarnya bunga Rafflesia tersebut.

Kemunculan Bunga Rafflesia di Desa Kayu Ajaran menjadi daya tarik baru untuk wisatawan maupun masyarakat pecinta alam yang ingin menyaksikan langsung bunga langka ini.

Tak hanya itu, jarak tempuh untuk menjangkau titik tumbuhnya juga dekat dengan badan jalan.

“Sekitar 300 meter dari badan jalan sudah bisa menjangkau titik tumbuhnya bunga ini. Aksesnya juga mudah dijangkau, namun tidak bisa membawa kendaraan bermotor,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Hutan Pino Raya

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) BS, Rendra Febrianto, S.S, M.Si berharap kemunculan bunga Rafflesia menjadi potensi baru wisata alam di Kabupaten BS. Rendra meminta Pemdes Kayu Ajaran lebih inovatif mengelola wisata tersebut sehingga bermanfaat bagi desa dan pengunjung.

“Kami sudah survei langsung ke titik mekarnya bunga Rafflesia itu. Potensinya memang bagus dan dapat mengedukasi masyarakat terkait bunga Rafflesia,” bebernya.

Ia menambahkan, wilayah Desa Kayu ajaran memang kerap ditumbuhi Bunga Rafflesia, hal ini karena cuaca di desa itu masih asri ditambah suasana hutan yang masih alami.

“Bagi yang ingin berkunjung ke sana, kami sarankan untuk tidak merusak bunga itu. Karena memang banyak potensi bonggol baru yang akan tumbuh di sana,” demikian Rendra. (rzn)

Kategori :