- Siswa yang berstatus sebagai tersangka atau narapidana di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan.
BACA JUGA:Bisa Diajukan Lewat Mobile, Pinjaman Online BCA Rp100 Juta Langsung Cair
Jika siswa memenuhi syarat sebagai penerima PIP Kemdikbud 2023, mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan BLT PIP.
Untuk mengecek data penerima, siswa dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Kunjungi situs pip.kemdikbud.go.id menggunakan ponsel.
2. Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan).
3. Lengkapi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
BACA JUGA:Kredit Pintar, Pinjaman Online Mudah dan Tanpa Jaminan, 1 Jam Langsung Cair
4. Ketikkan hasil penjumlahan untuk verifikasi.
5. Klik menu "Cek Penerima PIP."
6. Tunggu hingga data muncul di layar.
Cara Mendaftar PIP 2023
Untuk bisa mendaftar sebagai penerima bantuan PIP 2023, cukup dengan cara mamasukan NISN dan NIK. Berikut caranya
BACA JUGA:El Nino moderate hingga Januari 2024, Musim Hujan Akan Terlambat Kemungkinan Periode Maret dan April 2024
1. Pertama-tama, buka website PIP.Kemdikbud.go.id.
2. Klik tombol "Login" pada menu utama.
3. Masukkan NISN dan NIK di kolom yang tersedia.
4. Setelah berhasil login, pilih menu "Pendaftaran PIP".
5. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.
6. Klik "Simpan" untuk menyimpan data pendaftaran.
BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kejari Geledah KPU Kaur, Pintu Masuk Dijaga Polisi
Setelah berhasil mendaftar, siswa harus menunggu konfirmasi dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengetahui apakah mereka dinyatakan sebagai penerima bantuan atau tidak.
Jika siswa terpilih sebagai penerima, uang bantuan PIP Kemdikbud 2023 akan ditransfer ke rekening masing-masing.
Namun, sebelum itu, siswa harus melakukan aktivasi rekening terlebih dahulu. Untuk aktivasi rekening, siswa harus mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Datang ke bank (BNI, BRI, atau BSI) yang telah bekerja sama dengan panitia PIP Kemendikbud.
BACA JUGA:YUK! Mengenal Artificial Intelligence (AI) dan Kegunaanya, Benarkah Bisa Memperlancar Segala Urusan?
2. Membuat surat keterangan aktivasi rekening dari sekolah.
3. Siapkan identitas KTP atau kartu pelajar baik milik siswa atau wali siswa.
4. Mengisi formulir pembuatan rekening Simpel PIP.