Mesin LC4V Yamaha Vixion dan R15 Diragukan, Benarkah Buatan Minarelli dari Italia?

Minggu 18-02-2024,17:58 WIB
Reporter : Aman Santoso
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Mesin 150cc yang diusung pada motor Yamaha atau yang dikenal sebagai mesin LC4V menjadi sorotan sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004.
 
Mesin ini terus dikembangkan oleh Yamaha sebagai salah satu basis produk utama mereka, baik untuk pasar lokal maupun global, selama 20 tahun masa pengembangannya.

BACA JUGA:8 Motor Kawasaki Ini Tak Laku di Indonesia, Ada Disuntik Mati, Mungkin Anda Punya?

Meskipun memiliki banyak penggemar yang fanatik, mesin ini juga memunculkan sejumlah kritikan

Masih banyak konsumen yang penasaran tentang keaslian mesin Yamaha LC4V ini, apakah benar mesin ini buatan Minarelli Italia?

Diketahui, mesin ini awalnya didesain oleh Motori Minarelli dari Italia.

Namun, informasi tentang asal-usul dan proses penciptaan mesin ini tidak begitu jelas dalam sumber-sumber yang tersedia.

BACA JUGA:Harga Miliaran, Suara Mirip Mesin Jahit, Ada Apa Dengan Motor Ducati?

Berbagai laporan teknis dari Yamaha dan mencari informasi paten desain serta riset teknis terkait mesin ini.

Ketika pertama kali diperkenalkan pada Yamaha Jupiter Max lawas, mesin ini memiliki ciri khas tertentu, seperti kepala SOHC4 dengan klep, rocker arm, dan pompa radiator yang ditempatkan di kepala silinder untuk membuat konstruksi mesin lebih ramping.

BACA JUGA:Motor Bolt R-Spec, Cruiser Yamaha Bermesin V-Twin, Harganya Bikin Honda Rebel Panik

Selain itu, mesin ini memiliki piston forged, silinder offset, dan blok silinder aluminium penuh.

Selama perkembangannya, mesin ini mengalami berbagai upgrade dan modifikasi, seperti penambahan injeksi, peningkatan keseimbangan mesin, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Motor Terbaru Yamaha, Tampilan Klasik Abis, Fitur Canggih Selangit, Yamaha FZX Chrome Namanya

Tetapi, ada beberapa elemen yang tetap tidak berubah dari versi aslinya, seperti bentuk mesin, kepala SOHC4, silinder offset, dan pompa radiator yang ditempatkan di kepala silinder.

Setelah mengidentifikasi ciri khas mesin ini, kita bisa melacak motor pertama yang menggunakan kombinasi teknologi Yamaha tersebut.

BACA JUGA:Suzuki Luncurkan Motor Murah Sejagat, Hanya 9 Jutaan, Tampilan Sangar, Mesin Tangguh, Cocok Untuk Motor Cross

Jawabannya sebenarnya cukup mudah ditemukan, yaitu Yamaha Jupiter MX lawas.

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa mesin pertama yang digunakan adalah versi 125cc buatan Minarelli pada tahun 2002, namun dari segi teknis, hal ini tampaknya tidak mungkin.

Fakta menunjukkan bahwa pengembangan mesin LC4V pertama kali dilakukan di Indonesia pada tahun 2002, bukan di Italia.

BACA JUGA:Hadir di Pasar Otomotif, Motor Kawasaki Ini Justru 'Bunuh' Saudaranya Sendiri

Pada akhir 2000-an, Yamaha bekerja sama dengan Motori Minarelli dalam pengembangan dan produksi mesin 2-tak dan mesin skuter 125cc hingga mesin moge 660cc.

Kategori :