Mengandung Kalsium Tinggi, 9 Buah Ini Baik untuk Tulang

Kamis 18-07-2024,12:25 WIB
Reporter : Aman Santoso
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh manusia. Bukan hanya untuk membangun serta menguatkan tulang dan gigi, asupan kalsium juga memiliki peran besar dalam menopang berbagai fungsi tubuh, seperti hormon dan otot.

Sumber utama kalsium umumnya berasal dari susu dan produk olahannya. Namun, ternyata ada makanan sehat lain seperti buah yang tinggi kandungan kalsium.

Lantas, buah apa saja itu? Berikut 9 buah dengan kandungan kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan.

BACA JUGA:Oalah...4 Buah Ini Ternyata Tak Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur, Ini Alasannya

1. Murbei

Sumber kalsium yang pertama ialah murbei. Dalam satu mangkuk atau 140 gram murbei terkandung sekitar 55 mg kalsium.

Anda dapat mengonsumsi murbei sebagai buah utuh ataupun dijadikan smoothie serta jus.

2. Jeruk

Selain terkenal sebagai sumber vitamin C, jeruk merupakan salah satu buah terbaik yang kaya akan kandungan kalsium. Jeruk mengandung 45 hingga 50 mg kalsium per 100 gramnya.

Selain itu, jeruk juga mengandung serat dan kaya akan antioksidan, sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Begini Cara Menyimpan Buah Duku dengan Benar, Tetap Segar dan Manis Dimakan

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalsium. Dalam 100 gram jeruk nipis terkandung sekitar 33 mg kalsium.

Selain itu, jeruk nipis juga memiliki berbagai nutrisi lain seperti vitamin C dan kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan penyakit, menjaga kulit tetap bersih dan sehat, serta meredakan masalah pencernaan seperti sembelit.

Anda bisa mencampur jeruk nipis dengan jus atau smoothie.

4. Kiwi

Buah selanjutnya yang diketahui memiliki kandungan kalsium tinggi adalah kiwi. Mengutip dari NDV Food, buah kiwi tidak hanya kaya akan vitamin C namun juga memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat bagi tubuh.

Kiwi mengandung 30 mg kalsium per 100 gram porsinya. Anda bisa memakan buah kiwi secara langsung, dijadikan jus, atau campuran oatmeal sebagai sarapan sehat yang mengenyangkan.

BACA JUGA:Buah Ini Disukai Burung Pleci, Kaya Vitamin, Bisa Bikin Gacor dan Sehat

5. Pepaya

Kategori :